Unicef dan Yakenpa Koordinasikan Program Sistem Air Kabupaten Jayapura.

0
115

SENTANI (LINTAS PAPUA)- Program Wash Sector/sosialisasi wash cluster adalah program yang di gagas oleh Unicef dan Yayasan Noken Papua (Yakenpa) mengupayakan tersedianya sistem air dan saluran pengelolaan air kualitas global nasional di Kabupaten Jayapura. sekaligus membahas peranan sistem pembuangan air menghindari banjir yang pernah terjadi di Kabupaten Jayapura (cluster bencana) agar segera direalisasikan. Rapat koordinasi, program ini di hadiri oleh Kelompok kerja beserta seluruh dinas terkait baik dari Kabupaten Jayapura maupun Provinsi Papua. Rumah Makan Dabu-Dabu Doyo Baru, Jumat(4/6/2021).

Kepala bidang pencegahan, kesiapsiagaan, Evakusai penanganan pengungsi Badan Penagulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua,  Minto Widodo menjelaskan peranan pentingnya fungsi air dalam tangap bencana, maka sosialisasi air penting di sampaikan kepada masyarakat sebelum terjadi bencana.“Sumbangsih BPBD melakukan simulasi, sosialisasi sebelum terjadi bencana, melaksanakan tugas pokoknya, BPBD di situasi tangap bencana fungsinya menetapkan tangap bencana dengan kaji cepat, apa kebutuhannya. Cluster utama bagi kami adalah udara, shelter (tempat tinggal), air dan makanan,”Jelasnya.

Kepala Bidang sosial budaya, Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Jayapura, Jefri mengatakan pihaknya mendukung perencanaan tata kelola sistem air, berdasar pengalaman bencana banjir bandang Kabupaten Jayapura 2021.“Kami dari sisi perencanaan pasti mendukung, dukungan kami sisi perencanaan apalagi ini soal bencana, Kabupaten Jayapura sudah melewati masa dimana bencana di tahun 2021, kita kolaborasi bersama dengan semua pihak untuk penanggulangan bencana,”Katanya. (Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here