Waktu Dekat, PB PON XX Akan Serahkan Kewenangan Administrasi Dan Keuangan Kepada Sub PB PON

0
104

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional ( PB PON) XX Papua, Yunus Wonda, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang ketua Sub PB PON dari masing-masing kluster penyelanggara dalam rapat resmi. Pada pertemuan tersebut sekaligus menyerahkan kewenangan baik secara administrasi dan keuangan.

“Kami akan undang Wali Kota Jayapura, Bupati Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika dalam rapat resmi dan kita akan serahkan kewenangan baik secara administrasi dan keuangan, sehingga Sub PB PON juga bisa segera melakukan kegiatan,” ujar Yunus Wonda, ketika ditemui, Jumat, (28/5/2021).

Rencananya kata Yunus, minggu depan dana tersebut sudah diterima oleh Sub PB PON. Ia menjelaskan, pergeseran anggaran kepada masing-masing sub PB PON XX tidak langsung diberikan akan tetapi harus ada regulasi yang harus disiapkan untuk menjadi dasar ketika penyerahan anggaran tersebut.

“Jadi, saya juga mau meluruskan bahwa belum ada pemberian kewenangan kepada kluster Timika, Kota Jayapura atau Merauke bahwa kami sudah kirim anggaran sekian, itu belum sama sekali. Jadi, anggaran tidak bisa langsung kami serahkan, tapi ada regulasi yang harus kami siapkan untuk menjadi dasar untuk kami serahkan anggaran,” katanya.

“Sekali lagi pergeseran anggaran ini, bukan karena kami ditekan, itu tidak. Pergeseran kami lakukan karena semua dokumen dan regulasinya sudah kita selesaikan, karena tidak bisa kita langsung serahkan anggaran begitu saja, tapi ada regulasi yang harus kami siapkan untuk menjadi dasar untuk kami serahkan anggaran,” ujarnya.

Sebenarnya sambung Yunus, PB PON Papua, tidak berkeinginan untuk memperlambat proses pergeseran anggaran ataupun adanya pengalihan kewenangan kepada Sub PB PON tetapi semuanya melalui proses dan mekanisme yang sudah disusun.

“Jadi keinginan untuk memperlambat proses pergeseran anggaran itu tidak ada sama sekali. Akan tetapi, semua dilakukan melalui proses dan mekanisme yang telah disusun,” ujarnya.

Namun kata Yunus, proses penyusunan anggaran untuk sub PB PON kota Jayapura telah selesai sehingga dalam waktu yang dekat akan diserahkan

“Hari ini Kota Jayapura sudah selesai. Jadi, prosesnya memang agak panjang. Seperti PB PON Papua mendapatkan hibah dari Pemprov Papua pada November 2019, namun anggaran kami bisa pada Oktober 2020, ada proses yang panjang yang harus kami lakukan dan ada regulasi yang harus dipersiapkan agar anggaran itu bisa masuk di PB PON Papua,” jelasnya.

Dirinya menekankan, pada prinsipnya PB PON XX Papua siap untuk menyelenggarakan event empat tahunan yang baru pertama kali digelar di bumi Cenderwasih tersebut. Hal ini lantaran pihaknya sudah bekerja selama tiga tahun, termasuk menyiapkan semua regulasi dari berbagai aspek.

“Sehingga dalam waktu dekat ini kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan semua Sub PB PON Papua,” katanya.

Terkait belum adanya kewenangan yang diberikan kepada Sub PB PON yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, Yunus menjelaskan bahwa anggaran PB PON masuk Oktober 2020 sebesar Rp 1,5 triliun.

Kendati demikian dana tersebut tidak bisa digunakan langsung, tetapi PB PON Papua mempersiapkan RKA dan baru dimulai pada Januari 2021.

“Dari Januari sampai sekarang, masih dalam proses dan kami tidak bisa uang begitu masuk langsung diserahkan, karena harus ada mekanisme dan regulasi yang harus disiapkan. Ini agar dikemudian hari tidak ada dampak hukum baik kami di PB PON maupun teman-teman di Sub PB PON,” jelasnya.

Bahkan, kata Yunus, pihaknya harus membuat regulasi yang akan diikuti sampai di Sub PB PON, apalagi kegiatan yang dilakukan oleh PB PON Papua harus sama dengan yang dilakukan di masing-masing Sub. PB PON.

“Untuk itu, kami dalam beberapa bulan terakhir ini, kami tengah membuat regulasi itu. Benar kami tahu dan sadar bahwa penyelenggara PON itu ada di Sub PB PON, mengingat hal itu kami Tim Regulasi PB PON Papua mulai melakukan langkah-langkah sejak Januari 2021 membuat regulasi yang tak semudah membalik telapak tangan,” tandasnya (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here