PAPUA BERDUKA : SELAMAT JALAN BAPAK WAGUB PAPUA, KLEMEN TINAL

0
217

 

 

*Mendagri Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Wagub Papua Klemen Tinal*

JAKARTA (LINTAS  PAPUA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan duka cita atas wafatnya Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal pada Jumat (21/5/2021) di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

“Kita dari Kemendagri, Pemerintah Pusat turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga beliau istirahat dengan tenang,” kata Mendagri di Rumah Duka Sentosa.

Mendagri mengenang almarhum sebagai sosok putra terbaik Papua yang dikenalnya sejak tahun 2012 saat dirinya bertugas sebagai Kapolda Papua. “Beliau saat itu juga running dengan Bapak Lukas Enembe sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua,” ujarnya.

Mendagri juga memastikan, pemerintahan di Provinsi Papua tetap berjalan meski tengah berduka atas berpulangnya Wakil Gubernur. “Kita Kemendagri akan tetap mengawal agar pemerintahan tetap berjalan,” tegas Mendagri.

Seperti diketahui, Klemen Tinal merupakan putra asli Papua yang dilantik sebagai Wakil Gubernur bersama Gubernur Lukas Enembe oleh Presiden Joko Widodo pada 2018. (Puspen Kemendagri)

INFORMASI KEDATANGAN JENAZAH ALMARHUM BAPAK KLEMEN TINAL

 

Sehubungan dengan meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Bapak Klemen Tinal, S.E.,M.M., pada hari Jum’at, 21 Mei 2021 di Jakarta karena sakit maka dilaporkan hasil koordinasi sebagai berikut :

Rencana pemakaman menggunakan Tata Upacara Militer.

Jenazah akan diberangkatkan dari Jakarta menggunakan Pesawat Garuda Pukul 09.00 WIB, Rencana Tiba Bandara Udara Sentani Jayapura pukul 16.00 WIT. (Penanggungjawab dari Pemda Papua)

Rencana awal akan ada Penjemputan Jenazah oleh Pejabat Forkompinda di VVIP Room Bandara Sentani, Dari Bandara Sentani Jayapura kemudian jenazah akan diiring dan disemayamkan di Gedung Negara Dok V Jayapura. (Penanggungjawab dari Pemprov Papua)
a. Pelaksanaan:
1) hari/tgl : Sabtu, 22 Mei 2021
2) pukul : 16.00 WIT
3) tempat : VVIP ROOM Bandara Sentani
4). pakaian : PDL TNI + Masker Hitam

Kegiatan Acara Malam penghiburan dan penguatan keluarga di Gedung Negara, disiapkan pasukan pengawal Jenasah dari Garnisun Jayapura. (Pasukan disiapkan Sopsdam XVII/Cen)

Pemberangkatan dari Gedung Negara menuju Base Ops Lanud Sentani.
a. Pelaksanaan:
1) hari/tgl : Minggu, 23 Mei 2021
2) pukul : 11.00 WIT
3) tempat : Gedung Negara
4). pakaian : PDU I + Masker Hitam

Upacara Pemberangkatan Jenazah dilaksanakan secara Militer di Base Ops Lanud Sentani menuju Bandara Timika.
(Penanggungjawab Dandim 1701/Jayapura)
a. Pelaksanaan:
1) hari/tgl : Minggu, 23 Mei 2021
2) pukul : 13.00 WIT
3) tempat : Base Ops Lanud Silas Papare
4) Irup : Pangdam XVII/ Cen
5) Cad : Kapolda Papua
6) Paup : Pasiter Kodim 1701/Jayapura
7) Cad : Wadanyonif RK 751/VJS

Upacara Penyambutan Jenazah dilaksanakan secara Militer di Apron Bandara Timika. (Penanggungjawab Dandim 1710/Mimika)

Pemakaman akan dilaksanakan secara Militer di Taman Makan yang disepakati Pihak keluarga di Timika. (Penanggungjawab Dandim 1710/Mimika)

Pengibaran Bendera setengah tiang dilaksanakan selama 7 hari di seluruh Provinsi Papua.

 

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here