Privilege Bukan Faktor Utama Penentu Sukses Seseorang, Oleh : Billy Mambrasar

0
316

Privilege Bukan Faktor Utama Penentu Sukses Seseorang

Oleh : Billy Mambrasar

Ijinkan saya ikut bersuara dalam dilema Privilege vs Non-Privilege. Sebagai seorang kalangan yang dari BUKAN Privilege, seseorang yang hingga kini tidak punya rumah (masih numpang tinggal) sampai sekarang dan tidak memilikki kendaraan pribadi yang dibeli sendiri. Seorang anak dari tukang jual kue, pekerja serabutan dan guru honor seumur hidup yang tidak peduli akan PRIVILEGE dan hanya fokus pada kerja keras!!!

Mas Nadiem Makariem “diserang” karena dianggap apa yg didapatnya sekarang hanya semata karena Privilege saja. Ijin untuk saya menyatakan ketidak setujuan atas hal ini. Beliau kerja keras. Sangat keras! Setiap saat! despite Privilege yang dia miliki, makanya dia sukses!

Saya sebagai sahabat dekat beliau bisa memberikan testimoni ini! Saya bisa bilang beliau mengerjakan dan mencapai banyak hal yang progresif selama menjadi Mendikbud saat ini.

Sebenarnya untuk saya, Privilege saja tidak cukup sukses, butuh kerja keras untuk itu. Bahkan, saya bisa bilang, bahwa banyak orang sukses tanpa Privilege sekalipun! Kerja keras adalah faktor utama penentu kesuksesan seseorang. Maudy Ayunda sukses karena kerja keras, bukan Privilege! Saya tau itu. Agnez Monica sukses juga karena dia kerja sangat keras sekali, bukan karena Privilege nya.

Ayah saya pernah berkata: “Billy, ayah tidak bisa memberikan kamu rumah, harta, uang! itu tidak penting! Yang penting adalah kamu sekolah dan bekerja keras. Karena pendidikan akan menyelamatkan kamu dan mengangkat derajat keluarga kita.” Ternyata, ayah saya benar! Saya membuktikannya, saya bisa membahagiakann orang tua saya.

Kita tidak perlu mengeluh punya atau tidak punya Privilege! Itu tdk penting! Kita tidak perlu mempermasalahkan “Starting Point” yangg berbeda! Itu juga tidak penting. Yang terpenting adlah, kita tau ke titik ujung mana dalam hidup kita yg mau dicapai sebagai sukses & kita terus bekerja keras, berlari, menuju titik tersebut !
IG: @billymambrasar Twitter: @billymambrasar (Penulis Adalah Staf Khusus Presiden Indonesia)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here