Regulasi Tentang Penguatan Generasi Muda Papua Menjadi Guru Dinilai Perlu

0
215

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Alumni Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Jayapura, mengadakan Seminar pendidikan di Aula Dinas Pendidikan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Selasa (27/4/2021).

Acara tersebut bertemakan ‘Perubahan Sistem Pendidikan yang Global Kita Tingkatkan SDM di Papua’.

Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam sambutannya, mengatakan melalui seminar pendidikan perlu adanya regulasi tentang penguatan kepada generasi muda Papua untuk menjadi seorang tenaga pengajar di sekolah.

“Kalau boleh ada regulasi yang dihasilkan dalam seminar ini tentang penguatan kepada generasi muda bahwa menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia, sehingga mereka yang akan menjadi guru bukan karena terpaksa tetapi keterpanggilan hati,” ujar Benhur.

Wali kota yang kerap disapa BTM ini menuturkan, pendidikan sangat penting untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dalam mengisi pembangunan kedepan. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga pendidik yang profesional.

Dengan demikian kata BTM, Kurikulum SPG harus dimasukan dalam pembelajaran di perguruan tinggi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Sehingga ketika lulus dari situ benar-benar menjadi seorang pendidik, jadi kalau boleh kurikulam SPG saja yang kita titipkan di FKIP,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menitipkan pesan kepada alumni SPG Negeri Jayapura untuk bergandengan tangan, bekerjasama untuk mengembangkan SDM Papua yang hebat.

“Saran saya juga, yang cocok di Papua ini  sekolah pola asrama. Ini yang harus kita kembangkan untuk menciptakan SDM yang berkualitas,” katanya.

Sebelumnya, ketua Alumni SPG Negeri Jayapura, Elias Wonda berharap dengan berakhirnya seminar pendidikan akan ada solusi untuk membangun kualitas SDM Papua.

“Sehingga mereka bisa bersaing dengan daerah lain yang ada di Indonesia,” katanya. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here