Tradisi Bakar Batu Awali Buka Puasa Bersama Pertamina Dan Komunitas Muslim Wamena di Jayapura

0
93

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – PT Pertamina MOR VIII Maluku-Papua merayakan ramadhan dengan buka puasa bersama komunitas muslim Wamena, Sabtu (24/4/2021) di Musolah Firdaus Asso, Distrik Jayapura Utara. Buka puasa bersama diawali dengan tradisi bakar batu.

Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Region Maluku-Papau, Edi Mangun, mengatakan cara itu dilakukan untuk menunjukan kepada manajemen Pertamina yang berasal dari daerah lain.

“Mereka sering bertanya apa itu bakar batu dan ingin sekali melihat itu. Jadi saya sebagai anak Papua, saya ingin memperkenalkan kepada manajemen dan tadi kita sudah tunjukan cara bakar batu,” kata Edi.

Tradisi bakar batu, merupakan budaya masyarakat Papua di pegunungan yang hingga kini sering dilakukan untuk berbgai kepentingan.

Jika dalam tradisi itu bahan utama yang dipakai adalah babi, namun kali ini Pertamina MOR VIII menggantinya dengan ayam.

Selain buka puasa bersama Pertamina juga menyerahkan santunan kepada anak-anak dan sembako kepada keluarga Kampung Meteo.

“Kita harap, ini dapat membantu mereka disini untuk keperluan mereka dalam bulan Ramadhan sampai nanti idul fitri,” katanya.

Dijelaskannya, buka puasa bersama akan dilakukan di Provinsi Maluku dan Mauluku Utara. “Kemarin kami di Biak, Nabire dan mungkin minggu depan di Maluku,” katanya. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here