Wali Kota Jayapura : Pemuda Papua Harus Mainkan Peran Ditengah Polemik Otsus

0
189

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menghadiri Rapat Koordinasi Daerah DPD KNPI Provinsi Papua, di Hotel Horison, Kotaraja, Jumat (23/4/2021)

Dalam sambutannya, Wali kota Benhur mengatakan KNPI merupakan laboratorium untuk menciptakan para kader pemimpin di masa depan.

“Saya bangga, ada anggota KNPI saya waktu saya menjadi ketua KNPI kota Jayapura periode 2011-2017 sebagai pemimpin ada yang di birokrasi, politik juga wiraswasta,” ujar BTM

Peran pemuda, kata Benhur sangat luar biasa, yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana kepintaran pemuda untuk menyumbangkan pikiran dalam pembangunan di Kabupaten dan kota di Papua.

“Sumbangsi itu yang diharapkan, harus menjadi pemuda yang inovatif, kreatif untuk membangun daerah itu yang diharapkan,” ungkapnya.

Dijelaskan, Seorang pemuda merupakan pondasi dari bangsa Indonesia dan Provinsi Papua ke depan. Sehingga kata Benhur, pemuda harus memainkan perannya dengan baik.

“Apalagi sekarang berbagai pendapat tentang dana Otonomi Khusus (Otsus), jadi bagaimana peran pemuda untuk menyampaikan pendapat dan yang elegan kepada pemerintah provinsi pusat maupun pemerintah Papua kedepan agar lebih baik,” ujarnya.

Otsus kata dia, sangat penting dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua dan kota Jayapura khususnya di bidang infrastruktur dan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat.

Sehingga Benhur menyarankan, Otsus jangan dibahas di pemerintah pusat tetapi harus dibicarakan dengan orang Papua yang melaksanakan di daerah.

“Apa kemauan orang orang Papua tentang Otsus, jika ada pembicaraan di Jakarta hasilnya harus dibawah ke Papua untuk sosialisasikan kepada masyarakat di tanah ini,” katanya.

“Kalau pendapat saya, ada badan tersendiri untuk mengatur pelaksanaan Otsus di Papua,” kata BTM menambahkan.

Dirinya meminta, kepada pemuda di Papua untuk menjaga keamanan saat pelaksanaan PON XX tahun 2021 yang berlangsung Oktober nanti. Sehingga para delegasi bisa merasa nyaman selama berada di bumi Cenderawasih.

“Mari kita sukseskan PON XX agar berjalan aman, damai dan sukses dan terpenting kita menjaga keamanan,” tandasnya. (Gracio)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here