Peringati Hari Kartini, Bupati : Perempuan Kabupaten Jayapura Harus Menginspirasi Ketokohan dan Karya Kartini

0
133

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat diwawancarai usai menghadiri peringatan Hari Kartini ke-124 tahun, di Ballroom Lantai III Hotel HoreX Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/4/2021). (Irfan/lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, sangat mengharapkan kaum perempuan atau wanita-wanita zaman sekarang yang ada di Kabupaten Jayapura dapat menginspirasi ketokohan dan karya-karya dari tokoh emansipasi wanita di Indonesia yakni, R. A. Kartini.

“Perempuan dari Kabupaten Jayapura dapat memberikan kontribusi di berbagai bidang bagi bangsa dan Negara. Karena sejatinya setiap perempuan bisa dan mampu menjadi Kartini dengan cara dan upaya masing-masing. Selain itu, dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan pembangunan dan bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Papua,” kata Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan usai menghadiri Peringatan Hari Kartini ke-142, di Hotel HoreX, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/4/2021).

Bupati Mathius menuturkan, setelah mendengar secara seksama risalah lengkap yang menceritakan tentang seorang R. A. Kartini, maka Ia adalah seorang perempuan yang lahir dan tumbuh di lingkungan adat yang kuat. Artinya, Kartini adalah perempuan adat.

“Hal tersebut harus menjadi motivasi tersendiri bagi kaum perempuan yang ada di daerah ini. Sebab, Kabupaten Jayapura merupakan satu-satunya daerah atau kabupaten di Papua yang dalam kebijakan daerahnya telah memberikan ruang kepada adat untuk mengekspresikan potensi adat, termasuk memberikan ruang kepada kaum perempuan untuk mengabdikan diri pada semjumlah jabatan strategis di daerah ini,” katanya.

Hari Kartini selalu diperingati, kata Mathius, untuk melihat kedudukan perempuan di keluarga, komunitas dan masyarakat. Akan tetapi, juga mengenang R. A. Kartini yang menginginkan perempuan harus memiliki kemandirian ekonomi.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw mengaku momentum peringatan Hari Kartini ini, perempuan harus terus bertahan menjadi perempuan-perempuan hebat yang bekerja di kebun, di danau atau dimana saja bekerja demi mengcukupkan kebutuhan suami dan anak-anak.

“Jangan kita rayakan Hari Kartini hanya sebatas seremonial saja, tapi itu kita harus merenungkan dalam hati kita bagaimana kedepan kita menghadapi tantangan yang ada dan terus mengerjakan program-program yang diturunkan oleh pemerintah bagi setiap organisasi perempuan di daerah ini,” cetus Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura tersebut.

Hari Kartini, kata Magdalena, dapat dijadikan motivasi dan pelita yang tak pernah padam dan selalu bersinar bagi seluruh kaum perempuan dalam meningkatkan pendidikan dan kecerdasan, serta emansipasi di berbagi bidang. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here