Empat Tahun Papua Language Institute Hadir di Negeri Cenderawasih : Berbagi Kasih dan Motivasi Pelajar di Kampung Mosso

0
233

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Tepat empat tahun Papua Language Institute (PLI) hadir dan berkarya bagi negeri dengan mempersiapkan kader-kader unggul dari Tanah Papua, untuk melanjutkan studi di Luar Negeri dalam berbagai latar belakan disiplin ilmu, di bawah naungan Maga Education Papua (MEP) Faundation.

Hal ini disampaikan Head of Public Relations PLI, Abdiel F. Tanias, sekaligus menjelaskan, bahwa giaty tersebut dalam rangka memperingati HUT PLI ke-IV ini, PLI meneyelenggarakan kegiatan bersama masyarakata kampung Mosso Distrik Muara Tami Kota Jayapura dengan berbagi kasih, berupa sembako, perlengkapan mandi dan alat tulis bagi anak-anak usia sekolah, Kamis, 22 April 2021.

CEO sekaligus pendiri PLI Bapak Samuel Tabuni, saat berdiskusi dengan adik – adik pelajar di Kampung Mosso. (Humas PLI)

Kegiatan berpusat di gedung Gereja GKI Jemaat Betlehem Mosso dan dihadiri oleh 80an orang anak yang juga didampingi oleh orangtua mereka masing-masing.

Rombongan PLI diterima oleh ketua pemuda Kaleb Sumu dengan didampingi sejumlah majelis di antaranya Mama Sendi dan Bapak Ans Wepavoa, beserta warga jemaat GKI Betlehem Mosso.

Samuel Tabuni dalam sapaannya pada acara kebersamaan dengan masyarakat Kampung Mosso menyampaiakn ungkapan syukur atas tuntunan TUHAN dalam perjalanan PLI selama empat tahun ini. Dengan berlinang air mata karena rasa haru melihat antusiasme anak-anak kampung Mosso, ia memberikan motivasi agar anak-anak di Kampung Mosso tetap giat dalam belajar di tengah keterbatasan mereka, patuh dan hormat pada orang tua, serta tidak putus asa dalam berjuang mencapai cita-cita mereka kelak.

Sambil memperkenalkan siswa-siswi PLI iapun menegaskan “Adik-adik tidak sendiri, ada Kakak-Kakak kalian di sini, kalian harus tetap semangat sekolah. Kakak-kakak kalian akan berangkat menuju Amerika untuk kuliah di sana. Mereka adalah calon orang-orang hebat di Papua yang akan memperhatikan kalian adik-adik.”


Kampung Mosso menjadi lokasi yang dipilih oleh PLI sebagai tempat untuk berbagi kasih, karena kampung ini adalah salah satu kampung yang perlu mendapat perhatian kita bersama baik dari aspek pendidikan maupun kesehatan. Kampung Mosso adalah kampung yang berada di perbatasan antara Indonesia dan Papua Newguinea (PNG) dan lokasinya tidak jauh dari kota Jayapura yang adalah Ibu Kota Provinsi Papua.

Adapun keluhan masyarakat kampung Mosso, anak-anak di kampung ini tidak dapat belajar dengan maksimal karena guru jarang datang ke kampung untuk mengajar, sementara pembelajaran online tidak dapat dilakukan karena keterbatasan alat dan tidak adanya jaringan telekomunikasi termasuk internet.

Kedepan PLI berencana menjadikan kampung Mosso menjadi salah satu kampung binaan melalui program PLI Mandiri.

Rombongan PLI yang hadir dalam kunjungan kasih ke Mosso terdiri dari para siswa yang akan diberangkatkan studi ke Amerika dan Rusia, para staf, pengajar serta turut hadir mendampingi CEO sekaligus pendiri PLI Bapak Samuel Tabuni, Ketua Maga Education Papua Faundation Bapak Yoob Ginea, Menejer Akademik PLI Bapak Dr. Willem Burung, Bapak Dr. Izak Morin. (***)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here