Angela TH Gusbager : Perempuan Keerom Harus Gelorakan Kepeloporan RA. Kartini

0
200

Ketua TP-PKK Kab. Keerom, Ny. Angela T.H. Gusbager, SH, saat diwawancara, dan beberapa penampilan Tim Kab. Keerom saat mengikuti aneka lomba dalam Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Provinsi Papua yang digelar PKK Prov Papua di Jayapua, Rabu (22/4/2021) kemarin. (Arief/LintasPapua.Com)

Tim PKK Keerom Raih Beberapa Juara di Lomba Hari Kartini

KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Tim PKK Kab. Keerom meraih beberapa juara pada lomba dalam rangka Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Provinsi Papua yang digelar TP-PKK Provinsi Papua.

Diantaranya juara II lomba tari pergaulan Yosim Pancar, Juara Harapan I Lomba Tas Noken dan Juara harapan III Lomba Fashion Show Baju Adat. Dimana dalam semua perlombaan yang diadakan, Kabupaten Merauke menjadi juara umum.

Atas hasil yang diraih ini, Ketua Tim penggerak PKK Kab Keerom, Ny. Angela T.H. Gusbager, didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kab Keerom, Ny. Siti Munawaroh Kosasih, mengemukakan sangat bersyukur dan berterimakasih atas kerja keras tim Keerom.

‘’Hasil ini tentunya patut kita bersyukur karena ini adalah kali pertama kita ikut kegiatan lomba-lomba seperti ini dan dengan waktu persiapan yang tidak terlalu lama, saya juga sampaikan terimakasih kepada anggota tim kabupaten Keerom yang telah bekerja keras untuk mengikuti Rakerda dan juga mempersiapkan semua keperluan untuk kegiatan lomba,’’ujarnya disela-sela kegiatan puncak acara Hari Kartini Tingkat Provinsi Papua yang digelar oleh TP-PKK Provinsi Papua.

Sementara menyangkut peringatan Hari Kartini ke-142, ia menilai bahwa sebagai generasi penerus bangsa, ‘Kartini-kartini’ di Keerom harus meneladani semangat perjuangan dan mempelajari ide-ide brilian RA. Kartini untuk diterapkan di era kekinian di kancah nasional lebih khususnya di Kabupaten Keerom.

‘’RA. Kartini merupakan seorang perintis emansipasi wanita, untuk itu kita harus bisa memaknai hal ini dengan semangat juang yang tinggi lebih khususnya perempuan-perempuan hebat di negeri tapal batas yakni Kabupaten Keerom,”tambahnya.

Ia mengharapkan semua pihak khususnya perempuan-perempuan hebat di Kabupaten Keerom harus bisa menggelorakan kembali semangat RA. Kartini.

‘’Tugas kita (perempuan) sekarang adalah meneruskan kepeloporan RA. Kartini di Kabupaten Keerom,’’lanjutnya.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, RA. Kartini adalah seorang pahlawan nasional yang berjuang membela hak-hak kaum perempuan. Melalui pemikiran yang ia tuangkan dalam tulisan, Kartini banyak membahas soal perjuangan kaum wanita untuk memperoleh kebebasan, persamaan hukum, dan pendidikan yang layak.

“Berkat Ibu Kartini, saat ini derajat wanita Indonesia menjadi lebih tinggi dan nggak direndahkan lagi dalam hal ini setara dengan kaum laki-laki,’’pungkasnya. (ariefnugroho/lintaspapua.com)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here