PLN Bantu Rp. 250 Juta Untuk Penangkaran Penyu Di Kampung Skow Sae

0
213

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk wilayah Papua dan Papua Barat membantu Dinas Perikanan Kota Jayapura untuk mengembangkan penangkaran penyu di kampung Skow Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Bantuan CSR dari PLN ini senilai Rp. 250 juta.

“Ini bagus sekali, kenapa karena di kampung Skow Sae akan menjadi salah satu destinasti wisata yang sangat menjanjikan. Disana penyu masih berada di habitat alami sehingga bisa di tangkap dan di pelihara kemudian setelah bertelur kemudian dilepas ke luat untuk dikembang baiakan,” kata wakil wali kota Jayapura, Rustan Saru, Rabu (21/4).

Rustan menjelaskan, bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan sarana prasarana pengolahan destinasti wisata penanganan penyu. Sehingga diharapkan pengunjung bisa melihat langsung proses pemeliharaan hingga pengembang biakan dan akan dilengkapi dengan fasilitas umum agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung.

“Nanti saya minta dinas Perikanan memasang papan penunjuk arah bahwa di sebelah kiri kampung Skow Sae ada penangkaran penyu,” ujarnya.

Selain itu, kata Rustan, PLN juga membantu Pemerintah kota (Pemkot) Jayapura untuk pengadaan mobile toilet yang sudah di programkan beberapa tahun lalu namun baru terealisasi sekarang.

Rustan menjelaskan, khusus bantuan mobil tinja ada dua BUMD dan delapan BUMN yang membantu Pemkot Jayapura diantaranya PLN, BI, Bank Papua, PDAM, Pelindo IV, Pertamina, Jasa Raharja, BPJS dan ada beberapa Perbankan.

“Jadi kita dibantu satu unit mobil tinja dengan nilai Rp. 341 juta, mobil ini sudah ada di Bosowa sudah kita pengadaan. Mobil itu akan digunakan untuk mengatasi sanitasi di wilayah kota Jayapura,” jelasnya.

Ditambahkan, menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, Pemkot Jayapura juga dibantu dalam pemasangan lampu LPJU yang berlogo PLN dan PON. Dimana lampun tersebit nantinya dipasang di lima titik yakni depan Lapangan Tenis Sian Soor, seputar Lapangan Mandala, depan SPBU Kotaraja dan dua titik di dekat Pengadilan Negeri Jayapura. Bantuan CSR ini senilai Rp. 260 juta.

“Lampu dan tiangnya sudah ada, kemungkinan awal bulan Mei 2021 kita akan pasang,” terang Rustan. (Gracio)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here