Yoel Luiz Mulait Resmi Dilantik Jabat Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua

0
41

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  – Rapat Pleno luar biasa pengambilan sumpah pelantikan pergantian antar waktu (PAW) Wakil Ketua I MRP, masa jabatan 2017-2022, digelar di Jayapura, Kamis (15/4/2021) petang.

Rapat tersebut mengagendakan pelantikan Yoel Luiz Mulait sebagai Wakil Ketua I MRP masa jabatan 2017-2022, menggantikan Almarhum Jimmy Mabel.

Pelantikan oleh Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, disaksikan Forkompinda Papua serta seluruh OPD tingkat provinsi.

Kepada wartawan usai pelantikan, Wagub memastikan telah menginstruksikan staf untuk secepatnya memproses  PAW lima keanggotaan MRP yang kosong.

“Sebab pelantikan PAW kali ini menjadi satu titik balik bagi Pemprov Papua dan MRP untuk bekerja sebagai team work (kerja tim). Dan bukan lagi terpisah atau kerja sendiri-sendiri”.

“Makanya perlu secepatnya keanggotaan diresmikan supaya kedua lembaga (Pemprov dan MRP) bisa bekerja menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan, dengan tujuan supaya rakyat yang tinggal di Papua, baik orang asli Papua non Papua, bisa menikmati pembangunan di daerah ini,” terang ia.

Klemen tambahkan, sebagai lembaga kultur di Papua, MRP diberikan ruang untuk mengisi para anggotanya dari perwakilan lima wilayah adat.

Lembaga tersebut, hadir bukan karena permintaan masyarakat Papua. Sehingga jangan sampai para anggotanya berpikir bahwa MRP bagian yang terpisah dari NKRI.

Artinya, MRP merupakan wadah NKRI yang harus dihargai sebagaimana lembaga DPR Papua yang berkomunikasi intens degan pemerintah.

“Maksudya MRP mempunyai tugas membuat  ‘pagar’, agar kita tidak hanya bisa tinggal di Papua dalam keadaan nyaman”.

“Tetapi Kita harus tinggal di Papua dalam keadaan aman. Nyaman itu nomor dua, tapi aman yang utama. Ini juga  tugas MRP untuk membuat ‘pagar’ supaya Papua ini aman,” pungkas ia.(win)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here