Peserta Latsar CPNS Gelombang III, Jangan Terpengaruh Dengan Lingkungan Kerja Yang Tak Disiplin

0
218

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sebanyak 60 orang mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gelombang III di lingkungan Pemerintah kota Jayapura. Kegiatan ini berlangsung di Balai Diklat BKKP, kota Jayapura, Senin (12/4/2021).

Kepala Bidang Kediklatan BKKP kota Jayapura, Richard Suebu mengatakan, Latsar bagi CPNS berlangsung selama 18 hari, setelah itu peserta Latsar akan di bagikan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selama 30 hari.

Ia menerangkan, untuk tahapan pertama Latsar CPNS di lingkungan Pemerintah kota Jayapura sebanyak 180 orang. Dimana pada gelombang pertama 120 orang.

“Mereka sudah menyelesaikan tahap pertama selama 18 hari, sekarang mereka masuk ke tahap dua yakni 30 hari di OPD masin-masing. Ini juga berlaku bagi peserta Latsar CPNS gelombang III yang hari ini ikut Latsar,” ujar Richard.

Ia menerangkan, setelah menyelesaikan pelatihan dasar tersebut, pada tahap ketiga atau tiga hari terakhir para CPNS akan kembali lagi untuk mempersentasikan hasil yang didapat selama berada di masing-masing instansi.

“Jadi Latsar ini kalau secara keseluruhan waktunya itu, 51 hari. Tahap pertama 18 hari tahap kedua 30 hari di OPD dan nanti pada tahap ketiga, selama tiga hari terakhir mereka akak kembali lagi untuk presentasikan hasil perubahan yang mereka buat,” jelasnya.

Sementara, wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano berharap para CPNS dapat menjadi agen perubahan dalam dunia kerja yang dijalani sesuai dengan masing-masing bidang.

Benhur mengatakan, ilmu yang diterima dalam Latsar merupakan langkah awal menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdisiplin tinggi.

“Apa yang telah mereka dapat di sini sebagai dasar untuk menjadi seorang ASN yang yang disiplin,” katanya.

Untuk itu wali kota yang akrab disapa BTM itu mengingatkan bahwa disiplin merupakan hal terpenting, jangan mudah terpengaruh setelah berada lingkungan tempat kerja yang baru.

“Setelah berada di tempat tugas harus menjadi contoh untuk rekan kerja, disiplin itu penting. Jangan terpengaruh dengan lingkup kerja yang tidak disiplin,” pinta BTM.

Wali kota juga memberikan tips untuk kepada peserta Latsar CPNS Gelombang III yakni, takut Tuhan, rendah hati dan mengasihi semua orang. (Gracio)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here