Gelaran PON XX 2021 di Mimika, Eltinus Omaleng Jamin Tak Ada Gangguan dari KKB

0
66

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng didampingi Ketua Panitia Pelaksana CdM Meeting II yang juga Ketua Bidang I PB PON XX 2021 Papua, Yusuf Yambe Yabdi dan Wakil Sekretaris IV Bidang Humas Kadkis Matdoan saat memberikan keterangan kepada pers usai pembukaan CdM Meeting II, di Suni Garden Lake Hotel and Resort Hawaii, Kota Sentani Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (7/4/2021) malam. (Irfan/lintaspapua.com)

 

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan menjamin keamanan di Kabupaten Mimika tetap aman dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua yang direncanakan pembukaannya pada tanggal 2 Oktober 2021 mendatang.

“Kalau mau bicara tentang keamanan di empat klaster PON XX itu saya rasa klaster Kabupaten Mimika terlalu aman. Kalau mau bilang ada kelompok-kelompok yang (KKB) itu ya, kalau kita katakan itu kerikil-kerikil dan kerikil-kerikil itu bisa diamankan,” tegas Eltinus Omaleng dalam keterangan persnya usai pembukaan Chef de Mission (CdM) Meeting II, di Suni Garden Lake Hotel and Resort Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (7/4/2021) malam.

Bupati menegaskan, semua kekuatan Negara dalam hal ini TNI-Polri ada di Kabupaten Mimika, apalagi di daerah Freeport dan di kota Timika itu ada Satgas Amole itu menjadi aman sekali untuk penyelenggaraan PON XX.
“Sehingga pelaksanaan PON di klaster Mimika itu aman sekali. Saya minta kepada masyarakat Mimika, untuk menjaga keamanan agar penyelenggaraan PON XX ini dapat berjalan sukses,” pintanya dengan tegas.

“Saya juga sudah sampaikan kepada PB PON dan masyarakat Timika dalam rapat, jika PON di klaster Kabupaten Mimika sukses selenggarakan PON itu salah satu tolak ukur untuk menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah, jadi itu tolak ukurnya. Kalau itu sukses maka Provinsi Papua Tengah akan jadi,” tukas Eltinus Omaleng.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta kepada kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam klaster penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX untuk memastikan keamanan wilayahnya. Untuk itu, dirinya berharap situasi tetap kondusif.

“Bupati dan Walikota diharapkan mengamankan situasi dan jangan sampai ada keributan,” papar Lukas Enembe dalam sambutannya pada pembukaan CdM Meeting II Tahun 2021, di Suni Garden Lake Hotel and Resort Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (7/4/2021) malam. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here