Bupati Piter Gusbager Ingatkan OPD  Fokus Pembangunan Sebagai Pemulihan Ekonomi

0
249

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, saat membuka kegiatan Forum SKPD di Aula Kantor Bappeda Keerom, Rabu, 7 April 2021. (Arief/lintaspapua.com)

Buka Forum SKPD, Bupati Pesankan Pembangunan Tidak ‘Overlap’ dan Tumpang Tindih.

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, menegaskan bahwa focus pembangunan Keerom adalah tetap pada pemulihan ekonomi daerah di masa pandemic Covid-19. Hal ini menurutnya selaras dengan amanat pemerintah pusat dan sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Keerom pasca Pilkada 2020.

Bupati mengemukakan hal ini saat memberikan arahan pada pembukaan Forum SKPD Kabupaten Keerom tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Keerom, Kamis (8/4/2021) siang.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP,. (Arief/lintaspapua.com)

‘’Forum SKPD adalah salah satu tahapan penting dalam perencanaan pembangunan, dan ini sesuai amanat Permendagri, bahwa kita harus melakukan pra Musrembang atau Forum SKPD ini untuk memadukan, mensinergikan, menyelaraskan dan mensingkronkan program kegiatan dan sub kegiatan dari masing-masing OPD Keerom yang akan kita bawa dalam Musrembang kabupaten,’’ujarnya.

Ia menambahkan Forum SKPD penting karena dengan adanya sinkronisasi maka diharapkan tidak ada program OPD yang saling tumpang tindih overlap. ‘’Sehingga setiap kegiatan yang ada di OPD justru saling menunjang,’’lanjutnya lagi.

 

Bupati juga menjelaskan bahwa kegiatan Forum SKPD adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di semua pemerintahan kota dan kabupaten sebelum dilaksanakannya Musrembang kabupaten.

‘’Untuk penekanan program adalah sesuai program prioritas pusat yaitu pemulihan ekonomi dimasa dan pasca covid, juga prioritas untuk bidang kesehatan dan pendidikan. Kenapa? Jadi hubungan pandemi covid dengan system pelayanan kesehatanyang dampaknya pada aktivitas kesehatan masyarakat, bisa mendukung aktivitas mereka untuk pemulihan ekonomi nasional. Kita ingin agar kegiatan dan sub kegiatan yang disusun OPD ini adalah fokus untuk pemulihan ekonomi bagi kabupaten Keerom,’’pungkasnya.

Buka Forum SKPD, Bupati Pesankan Pembangunan Tidak ‘Overlap’ dan Tumpang Tindih. (Arief/LintasPapua.Com)

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Sekretaris Bappeda Keerom, Tedi Garnadi, SH, mengemukakan bahwa kegiatan Forum SKPD memiliki beberapa dasar hokum diantaranya SE Mendagri no 640 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah paska Pilkada 2020.

‘’Pemateri pada kegiatan ini adalah Pimpinan daerah, Bappeda dan OPD terkait. Sementera peserta kegiatan, adalah pimpinan OPD, Sekretaris OPD, dan Kasubag Program tiap OPD. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 7-8 April 2021 di Aula Bappeda Keerom,’’tutupnya. (Arief Nugroho/lintaspapua.com)


_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here