Kepala Suku Luban, Yustinus Duyala Minta Pemkab dan DPRD Pegubin Tindak Lanjuti 10 Aspirasi, Termasuk Pemekaran Kampung

0
198

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Masyarakat Kampung Luban, Distrik Aboy Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), melalui Kepala Suku Luban, Yustinus Duyala, untuk kesekian kalinya menyampaikan aspirasi warga atau sukunya, dengan harapan dapat disikapi dan ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah bersama DPRD setempat.


Sejumlah aspirasi penting itupun disampaikan langsung kepada lima orang wakil rakyat (DPRD, red) Kabupaten Pegunungan Bintang, yaitu Ketua DPRD, Denius T. Uopmabin,S.Hi, Wakil Ketua I, Lester Apintamon,Amd.Sos bersama tiga anggota lainnya, Coswin Philip,SIP, Demas Lepki, S.Sos dan Paulus Kri, ketika melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) pada wilayah pemerintahan tersebut, Selasa hingga Rabu (30-31 Maret) akhir bulan kemarin.

Adapun aspirasi yang disampaikan, diantaranya adalah terkait pemekaran calon Distrik Luban yang merupakan pecahan dari Distrik Aboy. Pemekaran 10 calon kampung, yaitu Kampung Bapeng, Kampung Dakru, Kampung Tanor, Kampung Kapri, Kampung Suleng, Kampung Kremais, Kampung Muter, Kampung Ngebal, Kampung Dakerban dan Kampung Pirwe.

Selain pemekaran, aspirasi lain yang disampaikan juga adalah tentang pembangunan perumahan sosial, listrik atau penerangan, air bersih, mesin motor jonson. Pembangunan dermaga di lima tempat, pembuatan lapangan terbang (Lapter), tepatnya di calon Kampung Kapri.

Disamping itu, diminta juga ada perhatian sekaligus meluluskan CPNS asal Distrik Aboy yang telah mengikuti tes maupun yang akan mengikuti tes CPNS. Jaringan telekomunikasi (Telkomsel, red), dan pembangunan gedung sekolah dengan enam kelas baru.

“Saat penyerahan aspirasi kepada kami, pesan dari Kepala Suku Luban, Bapak Yustinus Duyala, bahwa aspirasi tersebut adalah untuk yang kesekian kalinya. Dimana sebelumnya pernah diberikan juga oleh para pendahulu yang adalah teman-teman dari Bapak Yustinus, yang kemudian dilanjutkan lagi oleh Bapak Yustinus,” terang Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang, Lester Apintamon, S.Sos mengisahkan pesan dari kepala suku Luban.

Kata dia, disamping penyambutan dengan ungkapan selamat datang, kepala suku Luban mewakili masyarakat atau sukunya, juga menyampaikan kepada lima wakil rakyat yang sudah dianggap sebagai anak-anaknya (Kepala Suku Luban, red) untuk menerima dan menindak lanjuti aspirasi yang disampaikan.

“Masyarakat Luban berharap agar janji-janji terhadap aspirasi yang disampaikan dapat ditepati, karena sebelumnya selalu hanya janji-janji saja menanggapi aspirasi yang disampaikan,” ujar Lester melanjutkan pesan kepala suku Luban, Yustinus Duyala yang disampaikan pada Media ini, Jumat (02/3/2021) kemarin.

Lanjut dia, dikisahkan juga tentang pesan kepala suku Luban, hingga saat ini kegiatan-kegiatan pemerintahan yang seharusnya dilaksanakan di ibu kota Distrik Aboy, tidak dilaksanakan. Kegiatannya selalu dilaksanakan di Kampung Luban, dan pihaknya (Kepala Suku Luban, red) yang menerima pimpinan dari eksekutif maupun legislatif. Termasuk kegiatan gereja dan lainnya, hampir semuanya dilaksanakan di Luban.

“Aspirasi ini pernah kami kase pada pemerintahan-pemerintahan sebelumnya. Dari Bupati Welington, Bupati Costan, bahkan sekarang Bupati Spey yang untuk pertama kalinya kami kase. Kami harap dan doakan kiranya bapak-bapak kerja baik. Dari sekian aspirasi yang disampaikan, mungkin beberapa bisa tolong dijawab,” tutup Lester mengulang pesan yang disampaikan kepala suku Luban. (Napi Zes Pegubin)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here