Amerika Serikat Dukung Pemberdayaan Masyarakat Sipil melalui Indonesia Civil Society Forum 2021

0
220

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Pada tanggal 24 Maret 2021, Direktur Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Ryan Washburn, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Prof. Mahfud MD, yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Dr. Janedjri M. Gaffar, serta Komisioner KPK, Lili Pintauli Siregar, membuka secara resmi Indonesia Civil Society Forum (ICSF) yang kedua.

Bermitra dengan organisasi masyarakat sipil Indonesia, Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID dan inisiatif dukungan masyarakat sipilnya yaitu MADANI, menyelenggarakan Indonesia Civil Society Forum (ICSF) selama dua hari pada tanggal 24-25 Maret 2021.

ICSF mempertemukan perwakilan dari organisasi masyarakat sipil, pemerintah, dan mitra-mitra lainnya untuk mendengar dan menyimak wawasan serta perspektif tentang peran masyarakat sipil dalam demokrasi Indonesia.

Forum ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kendala kapasitas dan keberlanjutan yang dihadapi oleh organisaisi masyarakat sipil (OMS) Indonesia, terutama terkait pandemi COVID-19 global, dan untuk berbagi inovasi dan praktik terbaik dalam mempromosikan keberlanjutan pembiayaan dan dukungan kapasitas untuk organisasi masyarakat sipil.

“Organisasi masyarakat sipil berulang kali membuktikan perannya sebagai pengawas pemerintahan dan perwakilan kepentingan warga. Peran yang sangat penting saat kita menghadapi tantangan signifikan terutama saat pandemi COVID-19,” demikian kata Ryan Washburn, Direktur USAID dalam sambutannya.

“Melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Pemerintah Amerika Serikat gembira dapat berkontribusi dalam forum ini. Kami berkomitmen untuk mendukung lembaga-lembaga demokrasi di Indonesia. Kami juga mengakui dan mendukung peran penting masyarakat sipil dalam demokrasi yang sehat dan adil di masyarakat yang beragam, saling menghormati, dan toleran,” imbuhnya. (U.S. Embassy Jakarta-Press Office)


_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here