Seleksi Duta Genre 2021 ada di 8 Kabupaten dan 1 Kota

0
148

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Duta Generasi Remeja (Genre) program rutin tahunan BKKBN memilih setiap dutanya untuk kampanyekan kesehatan keluarga persiapkan generasi Emas. Pemilihan Duta Genre tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini BKKBN Provinsi Papua melakukan seleksi buat calon peserta Genre di 8 Kabupaten/Kota.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE, M.Si kepada awak media di ruang kerjanya, Jum’at (26/3/2021). tahapan seleksinya akan dilakukan oleh rekan-rekannya dari kantor BKKBN dimana mereka akan langsung mendatangi di tiap-tiap kabupaten/kota dan lakukan seleksi dan hasil dari seleksi tersebut, akan diambil 1 pasang pemenang untuk mewakili tiap kabupaten/kota untuk ke diperlombakan di tingkat Provinsi dan menjadi Duta Genre Papua 2021.”Tahun sebelumnya hanya 3 atau 4 Kabupaten/Kota namun tahun ini berkembang jadi 8 Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire, Kabupaten Biak, Kabupaten Timika, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Masing-masing kabupaten/kota akan diambil 1 pasang pemenang yaitu 1 laki-laki dan 1 perempuan, lalu kita akan perlombakan di kota Jayapura. Biasanya perwakilan dari kota Jayapura bukan hanya 1 pasang, bisa 2 atau 3 pasang jadi totalnya nanti yang akan diperlombakan ditingkat Provinsi adalah 10 pasang kemudian akan ada 1 pasang yang menjadi pemenang dan dipilih sebagai Duta Genre Papua 2021,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pemenang Duta Genre Papua 2021 akan dibekali untuk ikut dalam ajang Duta Genre nasional sedangkan yang kalah, akan kembali ke daerah masing-masing dan tetap menjadi Duta Genre pada daerah yang mereka wakili sebelumnya. “Meksipun nantinya kalah, tapi para peserta dari Kabupaten/Kota akan tetap menjadi Duta Genre pada daerah yang mereka wakilkan untuk melaksanakan tugas disana seperti mengedukasi dan memberi informasi kepada teman-teman sebayanya tentang bina keluarga. Jadi Genre bukan hanya ajang pemilihan tapi ada tanggung jawab yang bekelanjutan secara internal makanya kami perlu remaja yang bisa berkomitmen untuk setujuan, searah dan sejalan,” lanjut Charles.

Sementara itu, Serketaris Genre Papua, Widya Sri Astuti mengatakan selain pemilihan Duta Genre, akan dilakukan pemilihan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) terbaik.Ia ungkapkan, tahapan pemilihan calon peserta Genre ini juga memakan waktu berbulan-bulan dari bulan Maret 2021 hingga nanti puncaknya pada bulan Juli 2021. “Penilaiannya dilihat dari keaktifan, bagaimana cara menyebarkan isu tentang Genre, cara mempresentasikan PIK-R juga,Bulan Februari kami pembentukan panitia, bulan Maret sampai Mei kami lakukan tahapan seleksi, lalu bulan Juni kami melakukan persiapan untuk pemilihan ditingkat Provinsi, dan bulan Juli adalah puncaknya,” ungkap Widya.

Untuk seleksinya, akan ada seleksi tes tertulis, ada wawancara dan juga simulasi. Tak hanya itu, Widya beberkan akan ada pembentukan Forum Genre ditingkat Kabupaten di Provinsi Papua.(Fransisca/lintaspapua.com)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here