70 Persen Nakes di Kabupaten Jayapura Sudah Divaksin Covid-19 Tahap Pertama

0
202
Direktur RSUD Youwari, Dr. dr. Petronella Marcia Risamasu, M.Ked.Trop., saat melayani pemberian vaksin. (Irfan/LPC)

SENTANI, (LINTAS PAPUA)  – Sebanyak 70 persen tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Jayapura, Papua sudah divaksin Covid-19. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama digelar di RSUD Youwari dan sejumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura, Khairul Lie menyatakan, saat ini jumlah nakes di Kabupaten Jayapura mencapai 1.343 orang. Sementara jumlah nakes yang sudah divaksin tahap pertama mencapai 70 persen.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus (Covid-19) yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes. (Irfan /LPC)

“Jadi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jayapura, khususnya untuk tenaga kesehatan yang dilakukan pada tahap pertama ini sudah mencapai 70 persen. Kita realisasi sudah diatas 70 persen dan kita anggap sudah selesai,” kata Khairul Lie yang juga Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan di Kantor Dinas Kesehatan, Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (23/3/2021).
Untuk vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini, kata Khairul Lie, tenaga kesehatan lainnya yang belum mengikuti vaksin Covid-19 itu disebabkan karena berbagai faktor seperti adanya penyakit penyerta atau bawaan (Kormobid), sehingga untuk sementara tidak bisa divaksin Covid-19.

Dia mengatakan untuk saat ini pihaknya sudah masuk tahap kedua yaitu, kegiatan program vaksin Covid-19 untuk pekerja publik. Mulai dari pegawai di instansi yang berhubungan dengan pelayanan publik, TNI-Polri, sopir angkot, wartawan, guru dan sejumlah kelompok pekerja yang memang berhubungan dengan orang banyak.

Untuk itu, pihaknya juga meminta dan mengharapkan kesadaran masyarakat guna mengikuti program vaksin Covid-19 ini. Vaksin Covid-19 ini sangat penting agar mempercepat proses penanganan dan mempercepat pemulihan wabah Covid-19 yang sampai saat ini belum benar-benar bisa diatasi.

“Vaksin ini kan salah satu cara saja. Sehingga kami berharap kepada masyarakat, siapa saja, kalau gilirannya sudah divaksin, ya datanglah ke tempat vaksin,” pintanya.

Karena, menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan untuk keluar dari clan ini Covid-19 itu hanya dengan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah salah satunya dengan mengikuti vaksin Covid-19 dan menaati protokol kesehatan. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here