Ketua dan Pendiri LIHAT Sikapi Serius Raja Tabi : Harus Nyatakan Permohonan Maaf Terbuka

0
389
etua dan Pendiri LIHAT (Lindungi Hak Anak Tabi), Early Ibo. (Foto Pribadi)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua dan Pendiri LIHAT (Lindungi Hak Anak Tabi), Early Ibo meminta dengan tegas agar lembaga – Lembaga Adat di Tabi bersikap untuk mempolisikan kedua oknum dalam video yang berdurasi 05.05 Menit Yang mana Keduanya mengatakan sebagai Pemilik Sah Tanah Tabi & salah satunya mengaku sebagai Raja Tabi yang dilantik di Jakarta.

“Saya Meminta Kepada Saudara Marthen Luther Apaseray yang mengklaim diri sebagai raja Tabi untuk menyatakan permohonan maaf terbuka kepada seluruh pemangku adat di Tanah Tabi & Harus Membayar Denda Adat kepada semua Ondofolo & Ondoafi di Tabi yang telah ia rendahkan dalam pernyataannya.,” ujar  Ketua dan Pendiri LIHAT (Lindungi Hak Anak Tabi), Early Ibo ., saat dikonfirmasi, di Sentani, Senin, 22 Maret 2021/

Diakui, hal ini sangat meresahkan karena muatan aspirasi keduanya sangat propokatif & cenderung mau memecah belah Masyarakat Adat Tabi dari Keerom sampai Mamberamo Raya.

“Apalagi Sampai mengatakan dilantik sebagai Raja Tabi. Di Tabi tidak ada raja yang ada hanya Kepala Suku, Ondoafi/Ondofolo. Apalagi dilantik di Jakarta. Setiap Pemimpin adat di Tabi selalu dikukuhkan diObhe atau di Kampung & Tanahnya sendiri yang turut disaksikan oleh masyarakat adatnya, Bukan di Negeri Orang. Kalau negeri orang itu berarti hanya Ketua ikatan yang membawahi komunitas suku yang bermukim di luar Tabi,” ungkapnya.

Early Ibo sebagai pencetus Natal Masyarakat Adat Tabi pertama ini juga menanyakan statement kedua keduanya yang menyebutkan nama Laskar Palapa. Apa Hubungan Laskar Palapa yang adalah sebuah ormas dalam hal ini. Apakah sebuah Ormas punya Hak untuk mengukuhkan raja atau pemimpin adat di Tabi atau Papua?.

Selaku ketua LIHAT Ibo, katanya telah berkomunikasi dengan LMA Port Numbay karena kejadian yang vital ini terjadi di Kota Jayapura dan telah direspon baik oleh Ketua LMA Port Numbay Ondoafi George Awi yang akan bertindak melalui jalur hukum untuk memproses kedua orang tersebut. (***)


_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here