KAPOLDA Papua Jurnalis Award 2021 Bertemakan Polisi Humanis Memberikan Pelayanan Masyarakat

0
211

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)– Pada hari Jumat tanggal 19 Maret 2021, bertempat di Ball Room Lantai 11 Hotel Aston Jayapura telah dilaksanakan kegiatan Kapolda Papua Jurnalis Award Tahun 2021 dengan tema “Polisi Humanis Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabaintelkan Polri Komjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK., M.Si, PJU Polda Papua, Kapendam (yang mewakili), Kadispen Lantamal XX (yang mewakili), Kadispen AU Silaspapare (yang mewakili), Kapenrem Jayapura, Kadiskominfo Papua, Ka Humas BNNP, Ketua KIP Papua, Ketua IJTI, AJI dan Insan Pers Papua.

Rangkaian kegiatan:
Pukul 14.00 WIT, kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia Kabid Humas Polda Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

Kabid Humas Polda dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Kapolda Papua Jurnalis Award ini merupakan terobosan kreatif kehumasan, dalam rangka memperingati hari Pers Nasional Tahun 2021 dalam menjaring aspirasi masyarakat tentang Kinerja Polda Papua, baik secara kultural maupun struktural. Karena selama ini nyatanya banyak sekali karya ilmiah masyarakat baik dalam bentuk visual. Maupun dalam bentuk tulisan, yang semua menggambarkan kecintaan masyarakat kepada Polda Papua.

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 16 Februari 2021 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 dan dilaksanakan penjurian mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 5 Maret 2021, dengan kategori yang dilombakan yakni terdiri dari kategori karya tulis terbaik, fotographer terbaik dan videographer terbaik.

Semua karya finalis dan nominasi yang masuk dalam Kapolda Papua Jurnalis Award Tahun 2021 ini pada dasarnya adalah karya-karya hasil cipta rasa dan karsa dari rekan-rekan insan pers tentang Polri, dan sebagian besar adalah memberikan apresiasi kepada tugas-tugas Kepolisian terutama pada Polda Papua, meskipun dari sudut pandang yang berbeda, oleh karenanya tetap diberikan apresiasi.

Penganugerahan ini sudah melalui proses yang panjang oleh tim juri yang terdiri dari para pakar dari berbagai sudut keilmuan, sehingga diperoleh penilaian yang akurat setelah terjadi proses argumentatif para juri dari sudut pandang keilmuannya.

Pertama-tama kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Kabaintelkam Polri dan bapak Kapolda Papua yang memberikan bimbingan dan petunjuk arahan. Selanjutnya kepada para pejabat utama yang banyak memberikan saran masukan sehingga acara Kapolda Papua Jurnalis Award Tahun 2021 dapat terselenggara dengan lancar dan sukses.

Kami mengucapkan terima kasih juga kepada seluruh pimpinan redaksi media (televisi, cetak, online maupun radio) atas dukungan/ partisipasinya dalam bentuk publikasi serta keikutsertaannya pada Kapolda Papua Jurnalis Award Tahun 2021. Semoga Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita sekalian dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Ketua pembina dewan juri Diaz Suwandi menyampaikan, Kapolda Papua Jurnalis Award 2021 adalah ajang untuk memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari lalu. Karenanya apresiasi dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw, Kapolda Papua dan Kabid Humas Polda Papua yang telah menginisiasi serta menyelenggarakan kegiatan ini.

Ajang Kapolda Papua Journalist Award 2021 merupakan wujud konkret sinergitas Polri bersama Insan Pers di Papua sebagai pilar demokrasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lomba ini juga mendorong kami, para awak media menghasilkan produk jurnalistik yang lebih berkualitas, mengedukasi dan mensosialisasikan peran Polri sesuai dengan konsep “Polri Presisi” atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Melalui tema “Peran Polisi di Papua Yang Humanis Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat”, Kapolda Papua Journalist Award 2021 telah berhasil memacu awak media di Papua untuk membuat produk jurnalistik yang lebih menyentuh sisi kemanusian personel kepolisian sesuai dengan fakta di lapangan.

Antusiasme media pada ajang ini tergolong cukup tinggi meski digelar dalam waktu tidak panjang. Dapat kami laporkan total ada 343 karya jurnalistik yang mengikuti Kapolda Papua Jurnalis award 2021. Rinciannya, ada 182 karya tulis, 87 karya foto dan 65 karya video. Selaku kordinator lomba, dapat kami informasikan bahwa karya rekan-rekan para jurnalis dinilai oleh dewan juri profesional sesuai saran dari Divhumas Polri dlm rangka menjunjung tinggi obyektivitas sesui kaidah jurnalistik.

Kapolda Papua Journalist Award 2021 merupakan kegiatan lomba pertama yang diselenggarakan Polda Papua untuk kami awak media. Besar harapan kami, kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan yang bisa mendorong kami bekerja lebih profesional dengan mengedepankan unsur humanis atau memakai prinsip jurnalistik positif.

Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Kapolda Papua Journalist Award 2021 ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2021 yang lalu serta sebagai wujud Desiminasi Informasi Sinergitas Polri bersama Insan Pers di Papua sebagai Pilar Demokrasi.

Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dapat terciptanya produk jurnalistik yang berkualitas, mengedukasi dan Mensosialisaikan Peran Polri di masyarakat. Polri tidak bisa menjalankan tugas Harkamtibmas seorang diri, untuk itu kami mendorong media melalui stimulasi (acara) lomba journalis ini. Karya para pemenang bukan sekadar karya jurnalistik, namun memberikan dampak positif dalam mempublikasikan situasi keamanan dalam negeri kepada masyarakat.

Lomba ini juga diharapkan mempunyai nilai yang lebih untuk memacu rekan-rekan jurnalis baik dari Media Cetak, Online, Foto dan Video untuk berkarya lebih baik lagi dengan harapan Polri ingin menjaring atau mendapatkan masukan dari masyarakat terkait kinerja dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Provinsi Papua. Saat ini, seluruh elemen bangsa tengah berjuang memerangi pandemi covid-19. Polri bersama kementerian dan lembaga tentunya sangat proaktif dalam menjalankan peran masing-masing serta dibantu oleh Insan Media.

Peran pers dan media di era keterbukaan informasi dinilai sangatlah diperlukan dan dibutuhkan oleh Institusi Kepolisian Republik Indonesia atau Polri. Terutama dalam hal Upaya Publikasi, Sosilisasi, Edukasi dan arahan bagi masyarakat dalam Perwujudan Kamtibmas. Pers sebagai pilar keempat demokrasi, memiliki fungsi kontrol sosial, menjadi mata, telinga, penyambung lidah antara rakyat dan pemerintah.

Di hari Pers Nasional, saya berharap semua insan pers, tanpa terkecuali, dapat berkarya sesuai dari marwah profesi seorang pers dengan menghasilkan karya-karya jurnalistik yang positif, yaitu mendukung kedamaian dan kemajuan indonesia khususnya di Provinsi Papua. Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba baik kategori narasi, video maupun foto, teruslah berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara dalam memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

Saya juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi luar biasa dari para juri-juri yang kredibel yang telah mendukung lancarnya acara ini. Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan para pemenang lomba Kategori Narasi terbaik antara lain, Harapan 1: Raymond Latumahina dari media Fokus Papua, Harapan 2: Paulus Manahara Tambunan dari media Bintang Papua, Harapan 3: Alan Youwe dari Media Bumipapua.com, Juara harapan diserahkan oleh Ketua PWI bapak Ronal Manurung.

Juara 1: Hendrina Dian Kanipi dari media Antaranews.com, Juara 2: Ardilles Lelollterry dari media lintaspapua.com, Juara 3: Agies Pranoto dari media Kabarpapua.co. Juara diserahkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK.

Pemenang lomba kategori Vidio terbaik antara lain, Harapan 3: Rolly Sitanggang dari media Inewspapua, Harapan 2: Muhammad Ridwan dari media SCTV, Harapan 1: Laksa Mahendra dari media Antara TV, Juara Harapan di serahkan oleh ketua IJTI Nugie.

Juara 3: Riyanto Nay dari media Indonsiar, Juara 2: Sharif Jimar dari media Kompas Tv, Juara 1: Yonri Revolt dari Media Seputar Papua Tv, juara diserahkan langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.IK, M.Si.

Pemenang lomba kategori Fotografi terbaik antara lain, Juara Harapan 3: Mujiono dari media seputar Papua.com, Juara Harapan 2: Elvira Halifa dari media harian Cenderawasih Pos, Juara Harapan 1: Wendi Wicaksono Papuaselatan.com, Juara Harapan diserahkan oleh Ketua AJI.

Juara 3: Irsul Panca Aditra dari media Seputarpapua.com, Juara 2: Dwi Bobby Kurniawan dari media Reportasepapua.com, Juara 1: Selfianto Pakiding dari media Seputarpapua.com, Juara diserahkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK menyampaikan, kegiatan Kapolda Papua Journalist Award Tahun 2021 yang diselenggarakan ini merupakan ide/program dari bapak Kabaintelkam Polri Komjen Polri Paulus Waterpauw saat menjabat sebagai Kapolda Papua, yang mana kegiatan ini dalam rangka memperingati hari pers nasional tanggal 9 Februari lalu, selain itu juga sebagai bentuk apresiasi dari Polda Papua atas terjalinya sinergitas antara Polri khususnya Polda Papua dengan rekan-rekan Insan Pers yang ada di Papua dalam Desiminasi Informasi yang positif sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers karena bersama Polri membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat.

Pemberian penghargaan kapolda papua award tahun 2021 ini merupakan salah satu dari penjabaran program prioritas Kapolri yaitu “Presisi” tentang Pemantapan Komunikasi Publik. Sebagaimana kita ketahui bahwa bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, sangat mengapresiasi kinerja dari rekan-rekan media atas sinergitas dengan polri dalam desiminasi informasi selama ini.

Kinerja Polri harus bisa diwujudkan secara nyata dalam berbagai bentuk, di berbagai tempat dan kesempatan, sehinga publik semakin memahami Kinerja Polri yang sesungguhnya, yang telah kita upayakan sekeras kerasnya agar masyarakat menjadi faham bahwa Polri telah melaksanakan tugasnya sebagaimana amanat bangsa dan negara.

Saya melihat di berbagai media, termasuk media sosial, banyak yang ingin mengekspresikan dirinya untuk mendukung dan mengkritisi Polri, dengan berbagai macam cara, yang tujuannya agar Polri bekerja sesuai dengan tugasnya, termasuk karya-karya jurnalistik dan grafis lainnya, dengan berbagai tema sesuai dengan kearifan lokal yang ada pada dirinya. Tentu ekspresi dan keinginan ni harus ditampung dalam sebuah wadah kegiatan dibawah naungan Polri, agar keinginan untuk berbuat baik ini bisa terwadahi dengan baik.

Dengan adanya kegiatan Kapolda Papua Jurnalis Award Tahun 2021 ini diharapkan terwujudnya diseminasi informasi Sinegritas Polri bersama Insan Pers di Papua sebagai pilar demokrasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia serta terwujudnya produk jurnalistik yang berkualitas mengedukasi dan mensosialisasikan peran Polri di masyarakat. Disamping itu juga bisa menjadi jembatan komunikasi antara Polri dan Insan Media, baik dalam bentuk karya tulis, Fotografi dan Videografi.

Kepada para pemenang Kapolda Papua Journalist Award Tahun 2021 saya secara pribadi dan atas nama kesatuan mengucapkan selamat semoga menjadi berkah buat keluarga dan meningkatkan hubungan baik dengan Polri khususnya Polda Papua. Kegiatan Kapolda Papua Journalist Award Tahun 2021 akan dilanjutkan pada tahun 2022 dengan memberikan hadiah yang lebih besar.

Semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan kepada kita sekalian dalam meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, negara dan bangsa.(Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here