Wartawan LintasPapua.Com Menjuarai Jurnalis Award 2021, Kapolda Papua Umumkan 18 Pemenang

0
394

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – 18 Pemenang Kapolda Papua Jurnalis award 2021 diumumkan, Jumat 19 Maret di Hotel Aston, Kota Jayapura.

Kompetisi ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan Polda Papua untuk para awak media di Bumi Cenderawasih.

Sebanyak 334 karya jurnalistik yang ikut dalam ajang Kapolda Papua Jurnalis award 2021 rinciannya, 182 karya tulis, 87 karya foto dan 65 karya video.

Penganugerahan bagi pemenang melalui proses panjang oleh tim juri dari berbagai sudut pandang dan argumentatif keilmuan para juri sehingga diperoleh penilaian yang akurat.

Pengumuman pemenang dihadiri Kabaintelkan Polri Komjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, secara virtual, kemudian Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK., M.Si, serta PJU Polda Papua.

Daftar Pemenang

Kategori Narasi terbaik
Harapan 1 : Raymond Latumahina dari media Fokus Papua, Harapan 2 : Paulus Manahara Tambunan dari media Bintang Papua, Harapan 3 : Alan Youwe dari Media Bumipapua.com, Juara harapan diserahkan oleh Ketua PWI bapak Ronal Manurung.

Juara 1 : Hendrina Dian Kanipi dari media Antaranews.com, Juara 2 : Ardilles Lelollterry dari media Lintaspapua.com, Juara 3 : Agies Pranoto dari media Kabarpapua.co. Juara diserahkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK.

Kategori Vidio terbaik
Harapan 3 : Rolly Sitanggang dari media Inewspapua, Harapan 2 : Muhammad Ridwan dari media SCTV, Harapan 1 : Laksa Mahendra dari media Antara TV, Juara Harapan di serahkan oleh ketua IJTI Meirto Tangkepayung.

Juara 3 : Riyanto Nay dari media Indonsiar, Juara 2 : Sharif Jimar dari media Kompas Tv, Juara 1 : Yonri Revolt dari Media Seputar Papua Tv, juara diserahkan langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.IK, M.Si.

Kategori Fotografi terbaik
Juara Harapan 3 : Mujiono dari media seputar Papua.com, Juara Harapan 2 : Elvira Halifa dari media harian Cenderawasih Pos, Juara Harapan 1 : Wendi Wicaksono Papuaselatan.com, Juara Harapan diserahkan oleh Ketua AJI.

Juara 3 : Irsul Panca Aditra dari media Seputarpapua.com, Juara 2 : Dwi Bobby Kurniawan dari media Reportasepapua.com, Juara 1 : Selfianto Pakiding dari media Seputarpapua.com, Juara diserahkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK.

Kabaintelkan Polri Komjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Kapolda Papua Journalist Award 2021 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2021 yang lalu serta, sebagai wujud desiminasi Informasi sinergitas Polri bersama Insan Pers di Papua sebagai Pilar Demokrasi.

“Polri tidak bisa menjalankan tugas Harkamtibmas seorang diri, untuk itu kami mendorong media melalui stimulasi (acara) lomba journalis ini. Karya para pemenang bukan sekadar karya jurnalistik, namun memberikan dampak positif dalam mempublikasikan situasi keamanan dalam negeri kepada masyarakat,” katanya.

Melalui lomba ini diharapkan, mempunyai nilai yang lebih untuk memacu rekan-rekan jurnalis baik dari Media Cetak, Online, Foto dan Video untuk berkarya lebih baik lagi dengan harapan Polri ingin menjaring atau mendapatkan masukan dari masyarakat terkait kinerja dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Provinsi Papua.

“Saat ini, seluruh elemen bangsa tengah berjuang memerangi pandemi covid-19. Polri bersama kementerian dan lembaga tentunya sangat proaktif dalam menjalankan peran masing-masing serta dibantu oleh Insan Media,” ujar Komjen Pol. Paulus Waterpauw.

Dikatakan, peran pers dan media di era keterbukaan informasi dinilai sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh Institusi Kepolisian Republik Indonesia terutama dalam upaya publikasi, sosilisasi, edukasi dan arahan bagi masyarakat dalam Perwujudan Kamtibmas.

“Pers sebagai pilar keempat demokrasi, memiliki fungsi kontrol sosial, menjadi mata, telinga, penyambung lidah antara rakyat dan pemerintah,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Papua, Mathius D. Fakhiri, mengatakan, ajang Kapolda Papua Journalist Award Tahun 2021 merupakan ide dari Kabaintelkam Polri, Komjen Pol. Paulus Waterpauw saat menjabat sebagai Kapolda Papua.

“Kompetisi ini juga sebagai bentuk apresiasi dari Polda Papua atas terjalinya sinergitas antara Polri khususnya Polda Papua dengan rekan-rekan Insan Pers yang ada di Papua dalam Desiminasi Informasi yang positif sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Ditambahkan, pemberian penghargaan kapolda papua award tahun 2021 ini merupakan salah satu dari penjabaran program prioritas Kapolri yaitu “Presisi” tentang Pemantapan Komunikasi Publik.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, sangat mengapresiasi kinerja dari rekan-rekan media atas sinergitas dengan polri dalam desiminasi informasi selama ini,” jelasnya.

Untuk itu, sebagai bentuk apresaisi dirinya secara pribadi dan jajaran Polda Papua menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan pers karena bersama Polri membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan serta membantu untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat.

“Saya secara pribadi dan atas nama kesatuan mengucapkan selamat semoga menjadi berkah buat keluarga dan meningkatkan hubungan baik dengan Polri khususnya Polda Papua,”

“Tentunya, kegiatan Kapolda Papua Journalist Award Tahun 2021 akan dilanjutkan pada tahun 2022 dengan memberikan hadiah yang lebih besar,” kata Kapolda menambahkan. (Gracio/lintaspapua)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here