Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Yanto Eluay Ajak Tokoh dan Masyarakat Adat Ikut Vaksinasi

0
222
Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay, ketika menerima suntikan vaksin Covid-19 di RS Lanud Silas Papare, Kemiri, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (17/3/2021). (Irfan/lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay telah disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Lanud Silas Papare, Kemiri, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (17/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Ondo Yanto Eluay mengimbau kepada tokoh adat dan juga masyarakat adat di Kabupaten Jayapura untuk mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 agar terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

“Juga kepada tokoh-tokoh adat, sebelum kita memberikan imbauan kepada masyarakat adat, mungkin terlebih dulu melakukan penyuntikan vaksin. Sehingga masyarakat juga percaya dan ikut juga diberikan vaksin,” harap Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura tersebut. Vaksinasi yang dilakukan di RS Lanud Silas Papare ini sejak Sabtu (13/3/2021) pekan lalu yang diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga tokoh adat yang ada di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. (Irfan/lintaspapua.com)

“Sebagaimana komitmen kami sebagai tokoh adat di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura itu kami komit dengan imbauan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Maka hari ini saya salah satu tokoh adat di Sentani sudah melakukan penyuntikan vaksin yang bertempat di RS Lanud Silas Papare,” ujar Yanto Eluay kepada wartawan media online ini setelah divaksin.

“Sebagai pemimpin masyarakat hukum adat, perlu kami meneladaninya kepada masyarakat adat. Oleh sebab itu, kami mengambil inisiatif untuk melakukan penyuntikan vaksin terlebih dulu. Sehingga itu menjadi dasar kami, untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat adat untuk ikut juga dalam melakukan vaksin,” tambahnya.
Untuk itu, Yanto Eluay sebagai salah satu Tokoh Adat Papua di Kabupaten Jayapura mengajak masyarakat Kabupaten Jayapura, khususnya masyarakat adat, untuk mendukung program vaksinasi yang digaungkan oleh pemerintah.

“Apa yang pemerintah imbau kepada masyarakat ini untuk menjaga warga negara agar tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19. Bahwa saya telah melakukan vaksinasi hari ini khusus untuk tokoh adat, saya imbau kepada seluruh masyarakat adat untuk melakukan penyuntikan vaksin Covid-19,” imbau pria yang juga Ketua Umum Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua.

“Dikarenakan ini untuk kekebalan tubuh kita. Di mana, kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 ini masih terus terjadi secara global, begitupun juga kami di Kabupaten Jayapura ini masih ada yang terpapar Covid-19. Oleh sebab itu, mari kita sama-sama melihat imbauan pemerintah ini guna masyarakat adat melakukan penyuntikan vaksin,” sambungnya.

Selain itu, Yanto Eluay juga mengajak tokoh adat lainnya sebelum melakukan imbauan kepada masyarakat adat agar terlebih dahulu ikut vaksinasi Covid-19. “Juga kepada tokoh-tokoh adat, sebelum kita memberikan imbauan kepada masyarakat adat, mungkin terlebih dulu melakukan penyuntikan vaksin. Sehingga masyarakat juga percaya dan ikut juga diberikan vaksin,” harap Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura tersebut.
Vaksinasi yang dilakukan di RS Lanud Silas Papare ini sejak Sabtu (13/3/2021) pekan lalu yang diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga tokoh adat yang ada di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Seperti diketahui, Ondo Yanto Eluay baru menerima vaksin hari ini, dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah dan juga ditanya terkait riwayat kesehatan. Apabila kondisi tubuh dalam fit dan tidak dalam keadaan sakit, maka bisa langsung ikut divaksin Covid-19. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here