Ditutup, Rakon TP PKK Kota Jayapura Hasilkan Program Kerja Praktis

0
312

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Rapat Konsultasi (Rakon) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) tingkat kota Jayapura tahun 2021 resmi ditutup Sekretaris kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, di Aula Sian Soor, Rabu (17/03/2021).

Acara penutupan diawali dengan penyerahan hasil rumusan program kerja tim PKK di tahun 2021 yang diserahkan ketua TP PKK kota Jayapura, Kristhina L. Mano, kepada wali kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, yang diterima langsung Sekda Frans Pekey.

Dalam sambutanya, Frans Pekey, memberikan apresiasi kepada TP PKK kota Jayapura atas program kerja yang telah disusun. Menurutnya, program tersebut sesuai dengan kondisi yang nyata terjadi di masyarakat.

“Saya memberi apresiasi luar biasa, programnya sangat menyentuh dan praktis, sesuai dengan kondisi rill yang dihadapi masyarakat,” ujar Frans Pekey.

“Walaupun dalam waktu yang singkat, tapi tim PKK mampu menghasilkan program yang sangat lengkap,” timpalnya.

Pemerintah kota Jayapura, kata Frans Pekey, juga memberikan apresiasi karena tim PKK bisa menterjemahkan apa yang disampaikan wali kota Benhur Tomi Mano saat membukan Rakon Selasa, (16/3) kemarin.

“Menyusun program yang mudah dilaksanakan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat kita, terutama keluarga,” akunya.

Ia mengungkapkan, program yang disusun tim PKK sangat membantu pemkot Jayapura dalam menengani permasalahan kesehatan, penyebaran Covid-19 dan kebersihan.

“Saya yakin apa yang dirumuskan merupakan sebuah pengalaman yang timbul sekaligus pergumulan warga kita di tingkat Kampung, Kelurahan dan Distrik,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar semua program kerja dapat di implementasikan sesuai dengan kondisi dan penganggaran yang tersedia.

Ketua TP PKK kota Jayapura, Kristhina L. Mano, mengatakan hasil dari rapat konsultasi akan dibagikan juga kepada tim PKK di tingkat Distrik, Kelurahan dan Kampung.

“Namun yang menjadi catatan kita, jikalau di pertengahan ada perubahan itu karena kita juga belum mengikuti rakon tingkat provinsi,” katanya.

Sehingga, pada saat rakon tingkat provinsi dilakukan dan ada perubahan maka akan disampaikan kepada ketu tim PKK di tiap Distrik, Kelurahan maupun tingkat Kampung.

“Supaya kegitan kita harus sesuai rapat TP PKK Provinsi, karena program kerja kita harus dimasukan menjadi program di intansi terkait yang mana kita di danai lewat dinas pemeberdayaan perempuan,” ujarnya.

Khusus untuk program kerja tim PKK di tingkat kota, Provinsi dan nasional kata Kristhin Mano, ada program yang di danai oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan kampung kota Jayapura.

“Ada beberapa program kerja kita yang tertuang dalam permendagri nomor I tahun 2021 yang mengatur PKK ada di bawah Dinas pemberdayaan masyarakat Kampung,” ungkapnya. (Gracio/lintaspapua)

 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here