Wali Kota BTM Harap TP PKK Dapat Mengedukasi Warga Patuhi Prokes Covid-19

0
306
Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat membuka kegiatan didampingi Sekda Kota Jayapura, Frans Pekey. (Gracio)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, berharap Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kota Jayapura dapat mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini disampaikan Benhur dalam sambutannya saat membuka Resepsi hari kesatuan gerak PKK kota Jayapura ke-49 sekaligus pembukaan rapat konsultasi (Rakon) TP PKK kota Jayapura tahun 2021 di Aula Sian Soor, kantor wali kota Jayapura, Selasa (16/3/2021).

“Sebagai organisasi yang menyentuh kehidupan keluarga tim PKK dapat memberikan pemahaman dan edukasi bagi para kadernya sebagai agen perubahan dan dapat mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai perda kota Jayapura nomor 3 tahun 2020 tentang adaptasi tatanan kehidupan normal baru pada masa pandemi covid-19,” ujarnya.

Wali kota mengajak tim PKK bersama-sama peduli untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona mengingat, kasus positif Covid-19 di kota Jayapura mengalami peningkatan.

“Saya juga minta ibu-ibu PKK juga jangan takut di vaksin karena vaksin ini halal, ini juga untuk semua warga kota, agar supaya secara bertahap kita bisa menurunkan angka kasusnya,” ajaknya.

Dikatakan, TP PKK merupakan sebuah gerakan pembangunan nasional yang tumbuh dari bawah dimana pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Sehingga tentunya, ini menjadi aset yang penting dalam meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan program pembangunan masyarakat di semua lini.

“Oleh karena itu diperlukan pemantapan, kemampuan, pengelolaan gerakan tim PKK dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdaya guna, sehingga tim PKK mampu menjadi garda terdepan dalam pembangunan keluarga yang berkualitas,” katanya.

Wali kota yang kerap disapa BTM ini menuturkan, keluarga mempunyai peranan yang besar dalam proses pembangunan dan keluarga dapat dijadikan sebagai tolak ukur terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Di kota Jayapura jelas BTM, TP PKK telah banyak memberi kontribusi nyata melalui kegiatan pemberdayaan keluarga. Untuk itu dirinya berpesan agar tim PKK kota Jayapura terus menyusun program yang berdampak langsung pada masyarakat.

“Program yang raalitis serta terukur berkaitan dengan peningkatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang optimal,” ujar BTM.

Selain itu, tim PKK dituntut pro aktif, inisiatif dan mampu mengeluarkan inisiatif dan mampu menjaga konsistensi gerakannya sehingga selalu dapat memberikan kontribusi nyata dan positif dalam setiap pergerakannya.

Ketua TP PKK kota Jayapura, Kristhinan L. Mano, mengatakan dalam Rakon tentunya akan membuat program kerja namun tidak terlepas dari 10 program PKK yang ada.

Untuk tahun 2020 kata Kristhina, tidak semua program kerja yang telaj direncanakan di realisasikan karena pandemi Covid-19.

“Tetapi semua kegiatan kami arahkan untuk bersama-sama membantu pemerintah lakukan sosialisasi, bagi sembako dan masker bagi warga di kota Jayapura sebagai upaya memutus rantai Covid-19,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap peserta dapat mengimplmentasikan apa yang diterima kepada masyarakat terutama program kerja di tahun 2021.

“Walaupun tahun ini masih dalam situasi pandemi, tapi kami harap ibu-ibu tim PKK menjadi agen perubahan baik di keluarga dan lingkungan dimana mereka ada,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam resepsi hari kesatuan gerak PKK kota Jayapura ke-49 sekaligus pembukaan rakon, pengurus tim PKK kota Jayapura akan melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan tetapi juga mengevaluasi semua kegiatan yang sudah dilaksanakan. (Gracio/lintaspapua)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here