Tidak Ada UN, Penilaian Karakter Menjadi Dasar Kelulusan Siswa

0
278

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran Mendikbut No. 1 tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional (UN) dalam masa pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota Jayapura, Fachrudin Pasolo, mangatakan sebagai gantinya untuk penilaian Ujian Nasional diperoleh dari akumulasi nilai setiap siswa yang menyelesaikan program pembelajaran.

“Sedangkan untuk siswa SD kelas 6 itu akan dinilai dari hasil mereka semester V kemudian dengan ujian sekolah yang dilakukan,” ujar Fachrudin di Jayapura, Sabtu (13/3/2021).

Ia menegaskan, yang menjadi dasar penilaian untuk kelulusan siswa ialah nilai akhlak, karakter dan mental serta tugas-tugas yang diberikan ditambah dengan portofolio atau evaluasi penilaian semua materi yang diberikan guru.

“Itu yang akan menjadi dasar dalam penilaian apakah mereka (peserta ujian) lulus atau tidak,” jelasnya.

Ketika ditanya, apakah ujian sekolah akan dilakukan secara daring, dirinya mengatakan, akan dilihat seperti apa nantinya. Karena menurut Fachrudin, kondisi sekolah di kota Jayapura tidak semuanya memiliki fasilitas untuk melaksanakan ujian secara daring sehingga kemungkinan akan dilakukan manual.

“Anak-anak peserta ujian juga tidak semua mempunyai HP androit sehingga ini mungkin akan kita lakukan ujian di dalam kelas,” ungkap Fachrudin.

“Apalagi ada materi praktek itu kan sulit jika dilakukan secara daring, sehingga itu akan di atur, kalau nanti di kelas kita tetap menerapkan protokol kesehatan,” timpalnya.

Ditambahkan, peserta ujian tahun 2021 untuk Sekolah Dasar ada 5. 539 orang sementara tingkat SMP berjumlah 4. 459 orang.

“Ada juga peserta ujian kesetaraan (Paket A, B dan C) itu sekitar 1. 039 siswa yang sudah memiliki nomor ujian,” pungkasnya.
(Gracio/lintaspapua)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here