Ini Alasan Mukri Hamadi Reses ke Kompleks Perumahan Militer di Kota Jayapura

0
337
Ini Alasan Mukri Hamadi Reses ke Kompleks Perumahan Militer di Kota Jayapura. Richard (LPC)
Ini Alasan Mukri Hamadi Reses ke Kompleks Perumahan Militer di Kota Jayapura. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura, yang juga sebagai Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura, Mukry M Hamadi, S.IP, pada kegiatan reses tahap 1, Rabu 10 Maret 2021,  melakukan kunjungan reses ke kompleks perumahan militer di Kota Jayapura, tepatnya di kompleks perumahan Kodam XVII Cenderawasih, Bucen VII, RT 2, RW 8, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

Kunjungan tersebut, menurut Mukry Hamadi, dimana pemerintah Kota Jayapura dan pelayanan kemasyarakatannya. Tidak ada istilah ini rumah masyarakat yang berbasis militer. Semua masyarakat yang ada di wilayah Kota Jayapura. Pemerintah Kota Jayapura hadir untuk melihat kondisi dari berbagai masyarakat. Bahkan terkait dengan perumahan TNI-POLRI, seharusnya pemerintah daerah serius dan berperan dibagian itu.

“Kehadiran saya disini untuk melihat kondisi dan bisa melihat permasalahannya ada dimana, dan sebenarnya kita bisa memberikan dukungan bagi kompleks perumahan TNI-POLRI yang ada di Kota Jayapura. Dan terobosan pembangunan ini yang sebenarnya dilakukan untuk menjawab kebutuhan mereka. Disamping itu, mereka adalah aparat negara yang ditugaskan untuk melindungi negeri ini. Dan pemerintah perlu melihat bagian ini, sebagai perwujudan untuk kita melihat kesejateraan mereka. Sehingga kehadiran kita disini berusaha untuk mendapatkan bisikan dari warga dan juga anggota TNI yang bertugas di Kota Jayapura, bahkan di Tanah Papua, yang berdomisili di Kota Jayapura”, kata Anggota DPRD Kota Jayapura, Mukry Hamadi.

Terpenting dari kunjungan reses ini, sebut Mukry Hamadi, kita telah mendapat banyak saran dan masukan dari mereka lewat aspirasi mereka, dan kita tinggal meneruskan  kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertahanan, lewat Komisi 1 DPR RI, yang dimasukan dalam hasil Musrembang, baik tingkat regional hingga nasional. Dan kita pun berharap TNI-POLRI di Papua terutama di Kota Jayapura mendapat perhatian, bukan hanya saat mereka aktif, tapi juga disaat mereka pensiun.

“Ketika mereka pensiun dan kembali sebagai masyarakat sipil, seharusnya negara hadir untuk memberikan kepastian, minimal rumah tinggal. Proses ini penting untuk menghargai bakti mereka selama sebagai aparat negara yang mempertahankan dan juga menjaga keamanan negara. Bagian ini kendati kecil, tapi sebenarnya harus mendapat perhatian serius dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah”, tegas Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura, Mukry M Hamadi, S.IP

Lanjutnya lagi, kita selalu bicara kita merah putih, NKRI harga mati, tapi kesejahteraan TNI-POLRI, kadang kita lalai melihatnya. Pemerintah daerah juga harus bisa memberikan dukungan dengan kemampuan keuangan yang ada. Banyak sekali program pembangunan di Kota Jayapura, tapi dalam konteks ini mereka juga bagian dari masyarakat Kota Jayapura.

“Saya berharap proses perencanaan pembangunan di Kota Jayapura, jangan berpikir itu-itu saja, tapi harus harus berpikir lebih luas. Karena ketika kita bisa bersikap dan itu nyata dalam menyentuh bagian dari yang mereka aspirasikan. Dan tentunya sangat berdampak pada pelayanan mereka nantinya, dalam menjaga pertahanan negara”, ujar Mukry

Disingung soal apsrirasi mereka ini, tak dijawab dalam APBD, melainkan APBN?, sebut Ketua Komisi A itu, dari sisi kewenangan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan wilayah-wilayah seperti ini, sepenuhnya dari sisi pembiyaan anggrannya dibawa Kementerian Pertahanan. Namun secara struktur kenegaraan dalam proses perencanaan pembangunan nasional penting untuk kita suarakan ke kepemerintah pusat lewat Musrembangnas. Dan kita berharap hasil kali ini melalui poker DPR akan masuk dalam Musrembang Kota Jayapura, yang diusulkan dalam Musrembangnas tentang perumahan-perumahan TNI yang ada di Kota Jayapura. (Richard/Lintas Papua)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here