Khairul Lie : Vaksinasi Tahap ke-2 Sudah Dimulai Bulan Ini, Prioritas Petugas Pelayanan Publik

0
205
Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie. (Irfan /lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Jayapura telah selesai dilakukan bulan Februari 2021 lalu.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura, Khairul Lie menuturkan vaksinasi tahap pertama sudah selesai (closed) dan tinggal vaksinasi dosis kedua. Selain itu, Kadinkes Khairul Lie juga menuturkan, vaksinasi tahap kedua sudah dimulai awal Maret 2021.

Menurutnya, orang-orang yang diprioritaskan menerima vaksin tahap II itu meliputi orang-orang yang bekerja di pelayanan publik, mulai dari TNI, Polri, ASN di bagian pelayanan publik, para pejabat publik, para guru, awak media, hingga sopir taxi angkot.

“Jadi untuk vaksinasi tahap kedua itu, kita prioritaskan kepada pejabat publik yang betul-betul berhubungan langsung dengan masyarakat. Tahap kedua kita sudah mulai tanggal 9 Maret kemarin. Misalnya di petugas bandara, itukan setiap hari mereka harus melayani masyarakat atau penumpang pesawat yang masuk keluar melalui bandara, itulah prioritas kita di tahap kedua ini,” kata pria yang juga Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Jayapura, saat ditemui usai menghadiri pembukaan Jambore Kader PKK Distrik Nimboran, Rabu (10/3/2021).

Lanjut Khairul Lie mengatakan, selain memproritaskan petugas pelayanan publik, pihaknya juga berencana memulai program vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini untuk sopir taxi angkutan umum.

“Kemudian kita juga sedang memprioritaskan kepada sopir-sopir taxi, itu setiap hari mereka juga melayani penumpang, inikan bergantian penumpangnya setiap hari dan melayani penumpang dalam ruang terbatas. Sementara di pegawai, kita prioritaskan kepada ASN yang ada di Disdukcapil, itukan setiap hari mereka melayani masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan dan masyarakat setiap hari datang ke kantor Capil dan prioritas untuk pegawai Dinas PTSP,” katanya.

“Lalu untuk guru-guru, dan guru-guru ini juga prioritas kita. Karena mereka ini juga sudah mulai masuk mengajar, karena di zona hijau sudah banyak yang membuka sekolah. Kemudian di tahap kedua ini juga kepada polisi dan tentara. Termasuk juga wartawan itu, prioritas kita di tahap ini. Karena dia juga setiap hari harus kesana-kemari mencari berita, dan bertemu dengan narasumber yang berbeda-beda,” sambung Khairul Lie.

Program vaksinasi Covid-19 tahap ke-2, lanjut Khairul, sudah berlangsung sejak awal Maret 2021 dan diharapkan selesai tepat waktu pada bulan April atau Mei 2021.

“Seiring pada bulan depan, kita akan memulai juga tahapan untuk masyarakat lainnya pada tahun ini,” kata Khairul Lie. (Irf)


_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here