Gubernur Lukas Enembe Minta PON XX 2021 Diundurkan, Ini Alasannya

0
2721

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, selaku ketua umum panitia inti pengurus besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX meminta agar even nasional empat tahunan tersebut diundurkan. Alasannya sangat masuk di akal.

Hal ini lalu diungkapkan Ketua harian, PB PON XX Papua, Yunus Wonda, di Jayapura, Rabu (10/3).

Yunus mengatakan, Gubernur Papua, Lukas Enembe beberapa waktu lalu telah menemui Wakil Presiden, Ma’ruf Amin di Jakarta. Dalam pertemuan itu gubernur meminta pergelaran PON XX di Papua kembali diundurkan.

Alasan gubernur, sebagaimana dikatakan Yunus Wonda, meminta untuk menunda olahraga multi event di Bumi Cenderawasih karena penyebaran virus corona di Indonesia yang hingaa kini terus mengalami peningkatan.

Selain itu, PON XX dinilai sama seperti pesta rakyat. Untuk itu seluruh masyarakat Papua harus menyaksikan langsung event olahraga terbesar di Indonesia yang akan digelar di Bumi Cenderawasih.

“Bapak gubernur melihat PON seperti pesta rakyat. Artinya euforia masyarakat dilampirkan mulai dari pembukaam sampai dengan penutupan” ujarnya.

Yunus mengungkapkan, keterlibatan masyarakat merupakan keinginan ketua umum, Sehingga pada saat pembukaan PON tidak ada pembatasan-pembatasan seperti yang terjadi saat ini.

“Ini yang dipikirkan ketum, kalau kasus positif Covid-19 terus meningkat dan PON tetap berjalan sudah pasti masyarakat hanya bisa saksikan lewat virtual,” katanya.

Terlepas dari semua itu, Yunus Wonda mengakui, saat ini PB PON XX Papua, siap dalam pelaksanaan event nasional empat tahunan tersebut jika di gelar sesuai jadwal yang dikeluarkan yaitu 2-15 Oktober 2021.

“Sampai hari ini kami panitia besar siap untuk pelaksanaan PON XX di Papua jika akan berlangsung Oktober nanti ” tandasnya. (Gracio/lintaspapua)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here