Gubernur Papua Lantik Bupati/Wabup Keerom dan 3 Kabupaten Lain

0
142

Suasana Pelantikan Bupati Keerom, Piter Gusbager SHut, MUP dan Wakil Bupati Keerom, Drs. H. Wahfir Kosasih, SH, MH, MSi yang dilaksanakan di Gedung Negara Jayapura, Rabu, (3/3/2021) kemarin oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MM, atas nama Mendagri. (Arief/lintaspapua.com)

 

Piter Gusbager : Sesuai Arahan, Yaitu Selesaikan RPJMD dan Lakukan Harmonisasi APBD 2021

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Setelah sempat tertunda sekitar 5 hari, akhirnya Gubernur Papua, Lukas Enembe, melantik dan mengambil sumpah/janji Bupati / Wabup dari empat kabupaten, pada Rabu (3/3/2021) pagi, di Gedung Negara, Dok V, Jayapura.

Pada pelantikan ini, Gubernur didampingi Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, melantik Piter Gusbager, SHut, MUP – Drs. H. Wahfir Kosasih SH, MH, MSi (Bupati-Wabup Kab. Keerom), Romanus Mbaraka – H. Ridwan (Kab. Merauke), Elisa Kambu – Thomas Safanpo (Kab. Asmat), dan Spey Yan Birdama – Piter Kalamabin (Kab. Peg. Bintang).

Pelantikan ini dihadiri Forkompinda Provinsi Papua dan Forkompinda kabupaten yang dilantik dengan jumlah terbatas dan menerapkan protokol pencegahan Covid -19 secara ketat. Pada kesempatan tersebut Gubernur Papua menyampaikan bahwa Gubernur Papua atas nama Mendagri melantik keempat pimpinan di tingkat kabupaten tersebut berdasarkan SK Kemendari no 131.91-353 tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Papua.

Pelantikan didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan SK kemendari dan pengambilan sumpah dan janji para bupati dan wakil bupati dari 4 kabupaten. Usai pelantikan, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM, atas nama Gubernur Papua menyampaikan sambutan.

‘’Saya minta kepada bupati dan wakil bupati yang dilantik hari ini untuk segera melakukan penyesuaian dan menyelesaikan dokumen perencanaa pembangunan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang (RPJMD). Saya juga ingatkan agar bup/wabup jangan sering sering ke Jakarta karena kalau untuk koordinasi dengan pusat bisa ke Provinsi, karena Gubernur dan Wakil Gubernur adalah wakil dari pemerintah pusat yang ada di daerah,’’pesannya.

Sementara itu, Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dalam sesi wawancara kepada media, menyampaikan terimakasih dan rasa syukur atas pelantikan dan menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga pelantikan tersebut bisa terjadi.

‘’Sesuai arahan Gubernur Papua, akan menjadi catatan bagi daerah untuk daklam 100 hari kerja pertama ini, hal yang harus dilakukan adalah menyelesaikan RPJMD Kabupaten Keerom dan melakukan harmonisasi atau penyesuaian APBD yang sudah ditetapkan, serta dokumen tersebut segera kita kirim ke provinsi untuk disesuaikan dengan program nasional,’’jelasnya.

Hal senada dikemukakan Wakil Bupati Keerom, Drs. H. Wahfir Kosasih, SH, MH, MSi. Menurutnya, tugas Wabup adalah membantu Bupati dan akan ia laksanakan sebaik-baiknya. Serta sesuai arahan Gubernur adalah untuk menyukseskan program Otsus di Kabupaten Keerom. (ariefnugroho/lintaspapua.com)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here