Pendataan Kelurga 2021 Jangkau Stunting Persiapkan Generasi Emas Papua

0
57

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Pendataan Keluarga (PK) 2021 merupakan bagian penting bagi seluruh program kerja  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua, tidak hanya menjangkau kampanye keluarga berencana dan kesehatan, namun data hasil PK 2021 bermanfaat bagi pembangunan keluarga hingga jangkau stunting persiapkan Generasi Emas Papua khususnya, penjelasan ini di sampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN, Senin (1/3/2021) Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Papua.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar,SE.M.SI menjelaskan persiapan sudah di kerjakan setahun lalu, pelaksanaan PK 2021 bulan April 2021.“PK 2021 persiapan dari tahun lalu (2020), hingga Februari dan Maret 2021, akan di laksanakan pada April 2021 sampai Mei 2021,” Jelasnya.

Kemudian Sarles menyatakan ada beberapa fungsi penting yang akan di kerjakan mengacu pada hasil PK 2021” Pendataan secara spesifik memiliki peranan menentukan program BKKBN, pembangunan keluarga, kependudukan, pembangunan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan stunting. Semua bekerja dengan data hasil PK 2021, harus sinergi dari semua sektor,”Katanya.

Selain itu Sarles menuturkan program stunting bukan hanya fokus pada usia kehamilan Ibu, tapi juga mempersiapkan ibu sehat sebelum mengalami kehamilan usia produktif, mencegah stunting juga kurang gizi pada kehamilan.”Seorang ibu Harus sehat, jangan sampai kekurangan darah, atau anemia, akan mengalami kekurangan gizi, mengakibatkan beberapa penyakit, Pelayanan KB akan memberikan penambah darah dan vitamin, Ibu sehat mencegah stunting di masa kehamilan.Kemudian BKKN Konsentrasi pada pasangan menikah diatur dalam undang-undang tentang perkawinan sama-sama berusia 19 tahun, suami-istri keduanya sudah sama-sama siap. Sudah masanya kita persiapkan generasi emas, kita sudah siapkan sosialisasi, penyuluhan lapangan di rancang mengatasi stunting, tim konfergensi stunting, untuk laporkan kepada presiden,” Tutupnya.(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here