Hadirkan Satgas Binmas Noken, Yanto Eluay : Antusias Pemuda Papua Jadi Anggota Polri Sangat Tinggi

0
154

Foto bersama Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay bersama Tim Satgas Binmas Noken Polri Polda Papua dan peserta sosialisasi, Sabtu (27/2/2021). (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Setelah melaksanakan sosialisasi di rumah-rumah ibadah, Satgas Binmas Noken Polri Polda Papua, kembali menggelar sosialisasi penerimaan Bintara Noken Fomasi 2000 bagi pemuda-pemudi Orang Asli Papua (OAP) yang ada di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (27/2/2021).

Digelar di Obhe Igwa-igwa, Kampung Sereh, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura menghadirkan tim Satgas Binmas Noken Polri dan Polda Papua untuk melakukan sosialisasi program affirmasi dari Kapolri melalui Kapolda Papua tentang perekrutan anggota Bintara Polri.

Anggota Posko Satgas Binmas Noken Polri dan Polda Papua, Ipda Made Ambo Arjana mengungkapkan, sebelumnya sosialisasi telah dilakukan di rumah ibadah yang ada di Kota Sentani yaitu, di Gereja Alfa Omega sekitar Ariauw Sentani.

“Sosialisasi untuk penerimaan Bintara Noken ini, dimaksudkan yang pertama agar seluruh masyarakat di Papua ini memahami, bahwa ada program atau terobosan affirmatif (pengkhususan) kepada anak-anak atau pemuda di Papua ini dalam hal perekrutan anggota Polri dari pimpinan kita Kapolri melalui Kapolda Papua,” jelas Ipda Made Ambo kepada wartawan usai sosialisasi dan tatap muka dengan tokoh masyarakat dan pemuda, Sabtu (27/2/2020) sore.

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi dari Satgas Binmas Noken Polri Polda Papua ini diharapkan anak-anak atau pemuda Papua lebih mempersiapkan diri lebih awal tentang bagaimana cara mengikuti seleksi penerimaan anggota Bintara Polri nantinya.

“Termasuk disini beberapa kunci, misalnya apa-apa yang harus dia perlukan atau tahapan yang dia persiapkan untuk dia bisa lolos dalam seleksi penerimaan tersebut,” tutur pria yang baru dapat mutasi jabatan sebagai Kapolsek Depapre.

Selain tokoh masyarakat, acara ini juga dihadiri masyarakat umum. Dengan mengundang puluhan siswa-siswi SMA dan mahasiswa sebagai para calon anggota Bintara Polri, sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada pemuda-pemudi asli Papua dalam hal perekrutan anggota Bintara Polri yang merupakan program atau terobosan affirmasi (pengkhususan) dari Kapolri melalui Kapolda Papua.

“Kalau peserta sosialisasi ini memang dari masyarakat umum ya, yakni masyarakat yang didatangkan langsung oleh pa Ondo (Yanto Eluay) yang bersedia menjadi anggota Polri. Sebelum disini, kamu sudah lakukan sosialisasi di rumah ibadah Alfa Omega Sentani,” kata Made Ambo.

Sementara itu ditempat yang sama, Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay menuturkan, dirinya melihat antusias dari pemuda-pemudi Kabupaten Jayapura, khususnya di Sentani unuk masuk menjadi anggota Bintara Polri itu sangat tinggi sekali.

“Oleh sebab itu, kami selaku tokoh adat sebagai orang tua mereka, juga pelindung, pengayom dan penanggung jawab bagi masyarakat adat, maka kami mengambil inisiatif untuk mengundang Satgas Binmas Noken Polri Polda Papua untuk datang melakukan sosialisasi penerimaan Bintara Polri,” tutur pria yang juga Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua saat ditanya wartawan usai kegiatan sosialisasi tersebut.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kepada peserta sosialisasi atau anak-anak kita ini yang akan masuk mendaftar sebagai calon anggota Bintara Polri itu bisa memahami tentang syarat-syarat apa-apa saja yang harus mereka persiapkan untuk lolos menjadi anggota Bintara Polri,” papa Yanto Eluay menambahkan.

Ia tidak memungkiri bahwa antusias pemuda-pemudi sangat tinggi untuk menjadi anggota Bintara Polri dengan melihat cukup banyak anak-anak atau pemuda Papua yang mempunyai semangat untuk menjadi anggota Bintara Polri.

“Untuk itu, kami berikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Polri dalam hal ini Kapolri dan juga Kapolda Papua, serta terlebih khusus kepada tim Satgas Binmas Noken Polri Polda metro yang sudah bersama-sama dengan kami tokoh adat melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Jayapura khususnya pemuda-pemudi yang akan mendaftar menjadi anggota Bintara Polri,” ucap Yanto Eluay. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here