Ajak Bangun Daerah, Bupati Mathius Awoitauw Hadiri Pelantikan Pengurus Himpunan Kerukunan Jawa Madura

0
238

Ketua Umum DPP HKJM Provinsi Papua, Dr. H. Sarminanto, SH, MM, ketika menyerahkan plakat dan memasangkan Blangkon kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, usai pelantikan pengurus HKJM Kabupaten Jayapura periode 2021-2026 dan pembukaan Rakercab HKJM Kabupaten Jayapura Tahun 2021, di Ballroom Horison 6, Hotel HoreX Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (27/2/2021). (Irfan/lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Kerukunan Jawa Madura (HKJM) Kabupaten Jayapura periode 2021-2026, di Ballroom Horison 6, Hotel HoreX Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (27/2/2021).

Selain menghadiri pelantikan pengurus, Bupati Jayapura juga didaulat untuk membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) HKJM Kabupaten Jayapura.

Hadir pada saat itu, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Ketua HKJM Provinsi Papua Dr. H. Sarminanto, SH, MM, Kapolres Jayapura AKBP Dr Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, perwakilan organisasi paguyuban seperti KKSS, Flobamora NTT Provinsi Papua dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Kepada wartawan, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus DPC HKJM Kabupaten Jayapura yang telah resmi dilantik dan pihaknya juga sangat menyambut baik atas kehadiran HKJM, untuk terus menjadi mitra Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura agar bisa bersama-sama membangun daerah ini.

“Kita menyampaikan selamat dan sukses untuk badan pengurus HKJM yang baru di Kabupaten Jayapura yang sudah dilantik oleh Ketua Umum HKJM Papua. Kita terus menjadi mitra yang baik untuk membangun kabupaten ini dari berbagai suku bangsa yang ada disini, karena kita sudah canangkan bahwa Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas kerukunan umat beragama,” ujar Bupati Jayapura dua periode ini.

Lebih lanjut Bupati MA mengatakan, kedamaian dan keharmonisan terus kita ciptakan seperti ini. Meskipun masih ada pandangan-pandangan yang berbeda-beda itu merupakan suatu hal yang wajar. Tetapi, itu bisa dipersatukan untuk menjadi satu kekuatan guna membangun daerah ini.
“Ya, kita buat miniaturnya Indonesia disini, ibaratkan seperti itu. Karena Indonesia itu sangat beragam. Mudah-mudahan, himpunan Jawa Madura di Kabupaten Jayapura menjadi terdepan untuk membangun keberagaman di Kabupaten Jayapura,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum HKJM Provinsi Papua, Dr. H. Sarminanto, SH, MM, menegaskan, bahwa pengurus HKJM Kabupaten Jayapura yang baru dilantik sebagai kepanjangan dari DPP HKJM, harus bersinergi untuk membantu dan melindungi warga Jawa Madura yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Pengurus HKJM Kabupaten Jayapura telah resmi kita lantik, harapan kami sebagai kepanjangan dari DPP ke kabupaten untuk bersinergi melindungi dan melayani kepada warganya yang ada di sekitar Kabupaten Jayapura itu bisa tercover dengan baik,” tegasnya.

Selain itu, Sarminanto juga meminta kepada pengurus HKJM yang baru ini harus bersinergi dengan paguyuban lain yang bersifat sosial kemasyarakatan.

“Pengurus yang baru, kami yakin bisa menangani persoalan-persoalan yang sifatnya berhubungan dengan sosial masyarakat lintas Nusantara yang kaitannya dengan paguyuban-paguyuban lain seperti KKSS maupun Flobamora itu bisa bersinergi untuk membangun Kabupaten Jayapura,” pinta Sarminanto diakhir wawancaranya. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here