Kapal Tol Laut Lognus 2 Kembali Sandar di Pelabuhan Depapre

0
81
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, M.KP. (Irfan/lintaspapua.com)

Kadishub Alfons: Kita Siapkan 10 Kontainer Sebagai Muatan Balik

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Salah satu kapal penyelenggaraan tol laut, KM Logistik Nusantara (Lognus) 2 kembali terjadwal akan tiba di Pelabuhan Petikemas Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Minggu (21/2/2021). Kapal ini mengangkut puluhan kontainer produk unggulan Kabupaten Merauke yakni beras ke Jayapura.

Para pejabat saat berpose bersama usai KM Aldebaran sandar di dermaga Pelabuhan Depapre. (Irfan /LPC)


Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, M.KP, mengatakan, Kapal KM Logistik Nusantara 2 ini sebelumnya mengangkut sebanyak 10 kontainer yang berisikan beras dari Merauke.

“Kali kedua ini, kapal tol laut tetap akan membawa puluhan kontainer yang berisikan beras dari Merauke. Karena kami berdasarkan informasi yang kami terima, bahwa kapal yang berlayar dari Merauke itu akan kembali membawa beras ke Jayapura melalui pelabuhan Petikemas Depapre. Tapi, untuk berapa ton jumlah beras yang akan diangkut dalam pelayaran kedua menggunakan kapal tol laut tersebut,” tutur Alfons Awoitauw saat dikonfirmasi wartawan media online ini, kemarin.

“Jadi, yang dibawa dari Merauke itu informasinya masih beras dan nanti tetap turun di pelabuhan petikemas Depapre,” ungkapnya menambahkan.
Khusus muatan balik dari Jayapura, menurut Alfons sapaan akrabnya, pihaknya sudah memantapkan persiapan terkait komoditi-komoditi atau potensi unggulan yang akan dikirim balik melalui pelayaran kedua dari kapal tol laut itu.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Perhubungan menyiapkan 10 kontainer barang dari berbagai jenis yang akan diangkut menggunakan kapal tol laut pada pelayaran kedua nanti.
“Untuk pelayaran kedua nanti kita siapkan 10 kontainer dan ada beberapa jenis komoditi barang yang akan kita kirim sebagai muatan balik dari Kabupaten Jayapura,” beber mantan Kepala Distrik Sentani tersebut.

Adapun, 10 kontainer barang dari berbagai jenis ini dikirim melalui Kabupaten Jayapura berupa potensi Galian C, potensi kehutanan dan juga produk air mineral.

“Sejauh ini tidak ada masalah, dan itu sudah dipersiapkan dengan baik. Tinggal nanti pihak yang bersangkutan mendistribusikan barang-barang atau komoditi yang akan di muat balik oleh kapal itu. Karena itu kan subsidinya sudah ditanggung oleh daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan kondisi jalan yang saat ini kembali termakan erosi akibat intensitas hujan dengan volume tinggi yang terjadi belakangan ini tetap menjadi perhatian dari dinas terkait dan itu sudah dikoordinasikan. Pihaknya berharap agar hal-hal yang berkaitan dengan urusan teknis ini bisa dikerjakan dengan baik, sehingga tidak ada lagi persoalan yang terjadi pada saat kapal tol laut itu tiba dan sandar di pelabuhan petikemas Depapre.

“Untuk jalan berpikir sudah diperbaiki oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, karena sampai saat ini pun mobil taksi masih lancar dari Depapre menuju Sentani,” sebut pria yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Jayapura diakhir wawancaranya. (Irf)


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here