Perwakilan Suku Tabi dan Suku Saireri Orasi Dukung Otsus Jilid II, Minta Evaluasi Otsus Jilid I

0
277

Ondoafi Doyo Lama Sentani, Baskulibou Pimpin Orasi
SENTANI (JAYAPURA) –   Perwakilan Masyarakat adat suku Tabi dan Suku Adat Seireri
dipimpin Ondoafi Doyo Lama Sentani, Baskulibou, pada hari Jumat (19/2/2021) orasi di depan Pintu Hotel Sunni Lake Garden,Kabupaten Jayapura, mennyerukan Laporan dana Otsus jilid 1 kepada DPRP dan MRP Papua.

Baskulibou mengatakan, Otsus Jilid I wajib untuk dilakukan evaluasi secara menyeluruh supaya tahu dana yang dikucurkan triliunan rupiah di Papua apakah sudah digunakan untuk kesejahteraan OAP papua atau tidak termasuk dalam hal pembangunan dan lainnya.Sehingga jika ada oknum pejabat yang menggunakan dana Otsus tanpa bisa dipertanggungjawabkan, maka bisa dilakukan penyelidikan dan penyidikan supaya OAP tahu bahwa dana Otsus yang begitu besar bisa dipertanggung jawabkan dengan baik.

”Kami juga dukung Otsus Jilid II karena ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah pusat kepada OAP, jadi jangan disalah artikan kalau dana Otsus jilid II hanya untuk menyenangkan OAP,’’ucapnya.

Selain itu, pihaknya minta untuk Otsus di evaluasi kembali,Masyarakat Adat Tabi Saireri mendukung penuh Otsus jilid II, dan pihaknya meminta, agar aparat kepolisian bisa melakukan pemeriksaan dan tangkap pencuri dana Otsus. Selain itu, dalam melakukan RDPU dan RDPW MRP jangan mementingkan diri sendiri Otsus ada untuk rakyat.

”Kasihan kami orang susah dana Otsus ada dimana? tolong kami, Kami menolak kegiatan MRP di wilayah Kabupaten Jayapura,’’tegasnya.

Kemudian Baskulibou juga meminta, kepada aparat untuk bisa di belakang rakyat, mau menangkap penjahat mengambil Dana Otsus di Tanah Papua jangan biarkan berkeliaran.

”Kami masyarakat adat Tabi dan Saireri. meminta penjelasan kepada MRP,kemana pengalokasian dan Penyerapan dana Otsus Jilid Idan Pasal 22 tentang dana otsus sudah jelas diatur. Namun pada pelaksanaannya kami tidak merasakan katanya dana Otsus direalisasikan kepada seluruh rakyat papua, mana buktinya? Kami meminta kepada DPRP dan MRP jangan asal buat laporan bahwa dana Otsus direalisasikan kepada seluruh rakyat papua, nyatanya kami masyarakat Tabi masih banyak yang tidakmengetahui dan merasakan dana Otsus jilid I,” Tutupnya.(Fransisca/lintaspapua.com)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here