Musnahkan 2,7 Kilogram Barbuk Ganja, Kapolres Jayapura: Agar Tidak Disalahgunakan Lagi

0
171

Kapolres Jayapura AKBP DR. Victor Dean Mackbon, SH, .SIK, MH, M.Si, memimpin jalannya pemusnahan barang bukti Narkotika jenis ganja seberat 2, 7 kilogram yang juga dihadiri Kasat Reserse Narkoba Polres Jayapura dan dua orang perwakilan Jaksa Kejaksaan Negeri Jayapura, di halaman belakang Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/2/2021). (Irfan/lintaspapua.om)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Polres Jayapura memusnahkan barang bukti (Barbuk) seberat 2,7 kilogram Narkotika jenis ganja di halaman belakang Mapolres Jayapura, tepatnya di samping kantor Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura. Pemusnahan ganja juga mengikutsertakan enam tersangka.

Dengan tangan terborgol, keenam tersangka memegang ganja yang sudah di packing lalu memasukkan ke dalam tong yang sudah di bakar dengan kayu yang telah disiapkan sebelumnya untuk memusnahkan barang haram tersebut.

Selain keenam tersangka, Kapolres Jayapura AKBP DR. Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, Kasat Narkoba Polres Jayapura, dua orang perwakilan Jaksa dan sejumlah anggota polisi ikut membakar ganja yang sudah di packing tersebut.

“Jadi hari ini kami bersama dengan pihak Kejaksaan Negeri Jayapura melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja seberat 2,7 kilogram,” kata AKBP DR. Victor Dean Mackbon, ketika dikonfirmasi wartawan usai pemusnahan barang bukti ganja tersebut, Rabu (10/2/2021).

Barang bukti itu diamankan dari enam (6) tersangka, dan 4 tersangka diantaranya masih da keterkaitan dalam satu kasus peredaran narkotika jenis Ganja di wilayah hukum Polres Jayapura.

“Pemusnahan barang bukti ganja tersebut agar tidak lagi disalahgunakan, dan pemusnahan barang haram itu juga dihadiri pihak Jaksa Kejaksaan Negeri Jayapura,” ucapnya.

AKBP DR. Victor Dean Mackbon menyebut barang bukti yang dimusnahkan hari ini Narkotika jenis ganja seberat 2,7 kilogram. Barang bukti ganja tersebut merupakan hasil pengungkapan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

“Pada kesempatan ini kami bersama dengan pihak Kejaksaan melaksanakan pemusnahan barang bukti ganja seberat 2, 7 kilogram hasil pengungkapan kasus jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura selama satu bulan terakhir Januari 2021 hingga Februari 2021,” beber AKBP Victor Mackbon.

Sebelum dimusnahkan, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Jayapura. Selain itu, Kapolres Jayapura mengungkapkan, semua barang bukti tidak dimusnahkan, karena sebagian akan dijadikan sampel untuk dibawa ke pengadilan.

“Jadi sesuai dengan hasil koordinasi yang baik dengan pihak Kejaksaan, maka pemusnahan ini juga dilakukan dengan baik dan sesuai aturan barang bukti yang ada ini tidak bisa dimusnahkan semuanya. Sampelnya tetap disimpan dalam rangka untuk proses hukum selanjutnya di pengadilan,” katanya.

“Pengungkapan dilakukan ada dua kasus dan enam tersangka, yakni empat tersangka terlibat dalam satu laporan polisi dan dua tersangka lainnya juga satu laporan polisi yang diamankan, serta barang butki ganja seberat 2, 7 kilogram,” beber AKBP Victor Mackbon menambahkan.
Dirinya juga menegaskan, enam (6) tersangka yang terbukti memiliki barang bukti Narkotika jenis ganja tersebut masing-masing dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2019 pasal 111. Menariknya, ada satu laporan polisi (LP) yang melibatkan empat orang tersangka dari 6 orang tersebut.

“Sehingga kami junto kan dengan pasal 55 KUHP atau adanya penyertaan dari modus yang dilakukan oleh kelompok jaringan tersebut,” pungkasnya. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here