Selamat Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 : Pers Jadi Sumber Inspirasi Untuk Bangkit Dari Pandemi

0
345
JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Ketua DPR RI Puan Maharani menilai pers dapat menjadi sumber inspirasi untuk bangkit dari pandemi. Hal itu disampaikan Puan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari 2021.
“Kami mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021 kepada seluruh insan pers. Pers harus jadi sumber inspirasi untuk bangkit dari pandemi,” ujar Puan.
Alumni Fisip Universitas Indonesia itu menuturkan, pers dapat menjadi sumber inspirasi bangkit dari pandemi dengan cara menyiarkan berita yang akurat dan menggugah persatuan terkait upaya menangani Covid-19. Puan sangat berharap pers dapat menjalankan peran mengedukasi masyarakat dan menangkal hoaks tentang Covid-19 agar tidak menyesatkan masyarakat.
“Misalnya kebohongan-kebohongan tentang vaksinasi. Pers ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perlunya vaksinasi untuk melawan pandemi,” ujar Puan.
“Pers tetap kritis mengawal proses vaksinasi, terutama kecepatan program vaksinasi agar herd immunity (kekebalan komunal) segera tercapai,” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah V tersebut.
Selain mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19, kata Puan, pers juga diharapkan terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Menurut dia, hal ini sesuai dengan karakter pers Indonesia sebagai pers perjuangan.
“Tentu saja pers harus terus mengingatkan masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Puan yang pernah magang sebagai Reporter.
“Dengan pengawasan pers terhadap program imunisasi dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, maka pers menjadi akselerator kebangkitan melawan pandemi,” sambung perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.
Peringatan Hari Pers Nasional tahun ini mengusung tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’.

Ketua DPR Puan Maharani menghadiri puncak acara HPN 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate mendorong industri pers saat ini untuk turut bertransformasi dan beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan dampak dari COVID-19.

Menurut Johnny kemajuan teknologi dan digitalisasi membuat cakupan pers dan media semakin luas, mengingat masyarakat semakin bergantung pada teknologi.

“Di sisi yang lain kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap akses informasi yang cepat dan gratis bahkan, turut meningkat dengan adanya digitalisasi,” ujar Johnny Gerard Plate dalam Konferensi Media Massa Hari Pers Nasional 2021 yang berlangsung secara virtual, Senin, 08 Februari 2021.

Disampaikan Johnny hal tersebut dapat dilihat dari peralihan referensi masyarakat dalam mengonsumsi berita. Terdapat enam juta pembaca pada media daring yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pembaca pada media cetak yang hanya 4,5 juta.

Survei yang dilakukan oleh Katadata dan Kementerian Kominfo pada 2020, memperlihatkan dominasi media sosial sebagai kanal informasi yang paling dipercaya masyarakat.

“Ini yang harus kita sadari bersama, masyarakat memercayai media sosial sebagai kanal informasi terpercaya, sekitar 20 persen dari mereka yang menyatakan demikian,” tandasnya.

Melihat fenomena tersebut, Menteri Kominfo menegaskan bahwa industri pers dan media dituntut untuk mengubah proses pemberitaan menjadi semakin ringkas dan efisien.

Sebab, kebangkitan media sosial sebagai media yang dipercaya masyarakat dapat memantik berbagai isu di masa depan, seperti permasalahan hak cipta, hak reproduksi konten atau publisher right.

“Hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak, meski digitalisasi membuat pers dan media melakukan perubahan dalam berbagai proses bisnis yang ada, jangan sampai semangat untuk terus memberitakan informasi yang aktual, faktual, dan akuntabel dapat atau menjadi berubah, jangan sampai,” imbuh Johnny. (Dari Berbagai Sumber Informasi)


_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here