HARI PERS NASIONAL 2021, Yanto Eluay Harap Pers Jaga Independensi dan Sebagai Kontrol Sosial

0
290
Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay. (Irfan/LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Peran pers saat ini menjadi sangat penting, terlebih sebagai alat kontrol sosial. Sebagai pilar keempat demokrasi, kebebasan pers digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi sebuah negara.

Hal itu disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura Yanto Eluay, ketika dikonfirmasi wartawan di Sekretariat DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (9/2/2021) siang.

Yanto mengatakan Pers harus mampu menjadi akselerator perubahan dalam kehidupan berbangsa dan berbudaya di masyarakat.

“Jadi sehubungan dengan Hari Pera Nasional (HPN) Tahun 2021 dan juga HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), selaku kader yang juga sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, kami berharap agar pers tetap menjaga independensi nya dan pers selalu memposisikan diri sebagai pengontrol bagi kemajuan bangsa. Pers harus selalu berada secara obyektif dalam menyuarakan hal-hal yang berdampak pada semua aspek untuk memajukan semua aspek,” ujarnya.

Menurut Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua ini, kehadiran pers sangat dibutuhkan dalam mengontrol semua hal di manapun dalam negara Indonesia.

Yanto berharap, insan pers ke depan bisa lebih maju, lebih inspiratif, inovatif dan dalam melaksanakan tugasnya tetap berpedoman kepada kode etik jurnalistik (KEJ).

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay. (Irfan /LPC)

Insan pers juga diharapkan independensinya tetap terjaga, karena kehadiran pers yang independen adalah harapan semua elemen masyarakat yang akan berperan dalam mengontrol semua hal di manapun khususnya di negara Indonesia.

“Oleh sebab itu, kami harap pers selalu memberikan informasi-informasi yang obyektif dan sejuk bagi kelangsungan bangsa ini. Pada seluruh rakyat yang sering terprovokasi dengan berita-berita, sehingga kami juga berharap pers ini menjadi fungsi kontrol untuk bisa memfilter berita-berita yang cenderung subyektif,” paparnya.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura itu mengatakan, pers harus dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pemberitaan yang memberikan edukasi di tengah masyarakat.

“Kemudian pers juga harus memainkan peran dalam memfilter berita-berita yang kurang baik menjadi baik, yang tidak benar menjadi benar. Keberadaan rekan-rekan pers selama ini di Kabupaten Jayapura, kami berikan apresiasi karena selalu tampil bekerja secara profesional dan selalu menjaga independensi pers dalam melakukan tugas-tugas peliputan di daerah ini,” katanya.

Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari Tahun 2021, Yanto Eluay mengucapkan Selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers di Provinsi Papua, khususnya di Bumi Khenambay Umbay. (Irf)


 

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here