Ingatkan Dampak La Nina, Bupati Mathius Awoitauw Minta Tingkatkan Kewaspadaan Dini

0
199
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyikapi intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini dengan meningkatkan kewaspadaan. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyikapi intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini dengan meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya dampak dari bencana alam yang disebabkan oleh cuaca yang buruk beberapa hari belakangan ini.

“Hampir 3 atau 4 bulan yang lalu kami sudah melakukan pertemuan-pertemuan terkait kewaspadaan seputar terjadinya bencana alam yang disebabkan oleh fenomena La Nina. Karena itu sudah diperingatkan oleh pemerintah pusat, bahwa semua pemerintah daerah harus mengantisipasi adanya bahaya fenomena La Nina yang melanda dunia dan juga Indonesia termasuk di Kabupaten Jayapura,” ujar Mathius Awoitauw, kemarin.

Dirinya mengatakan, sebagai bentuk persiapan dari Pemda Kabupaten Jayapura untuk menyikapi hal tersebut sebelumnya pihak pemerintah juga telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk dengan instansi teknis yang menangani langsung terkait dengan persoalan bencana.

“Ada dengan masyarakat yang peduli lingkungan dengan instansi teknis, kemudian pemantauan-pemantauan juga tetap dilakukan. Kalau ada masalah yang berkaitan dengan adanya potensi bencana langsung di atasi,” bebernya.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Jayapura juga rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih khusus di daerah-daerah yang rawan terjadinya bencana alam. Dengan adanya sosialisasi – sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengantisipasi dan bisa mengatasi jika sewaktu-waktu terjadinya bencana alam.

“Kita tidak bisa melawan perubahan cuaca ini, tetapi kita bisa meminimalisir untuk menghindari hal-hal terjadinya bencana yang lebih besar,” imbuhnya.

Selain itu, Mathius juga mengakui saat ini ada beberapa wilayah di Kabupaten Jayapura yang diinformasikan terendam banjir. Termasuk di Distrik Ravenirara juga dilaporkan sempat terjadinya banjir pada saat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi beberapa hari yang lalu. Kendati demikian, pemerintah daerah sudah memastikan bahwa bencana alam yang terjadi di beberapa titik itu masih bisa ditangani dengan baik oleh pemerintah daerah. (Irf/lintaspapua.com)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here