Jelang PON XX 2021, Lantamal X Jayapura Gelar Lomba Olahraga Air

0
409

Salah satu pemenang lomba renang 1.500 meter dari Satpolairud Pollres Jayapura saat menyentuh garis finish pertama dalam perlombaan tersebut, di Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (2/2/2021). (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Lantamal X Jayapura menggelar lomba olahraga air seperti Selam, Fins Swimming dan Dayung Perahu Tradisional, di Danau Sentani, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (2/2/2021).

“Kegiatan lomba ini dilaksanakan selain karena merupakan agenda rutin tahunan dari Lantamal X Jayapura, tetapi juga sebagai bentuk persiapan menjelang pelaksanaan iven PON XX yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 nanti,” ujar Komandan Lantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, SE, MM, kepada wartawan usai membuka lomba olahraga perairan tersebut, di Jembatan Kuning, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (2/2/2021).

Lanjut Yeheskiel Katiandagho mengatakan, lomba selam, renang dan juga dayung perahu tradisional ini merupakan bagian dari Lantamal X Jayapura Cup yang secara rutin digelar setiap tahun.

“Setiap tahun Lantamal X Jayapura Cup ini rutin digelar, mulai dari olahraga badminton, sepak bola dan juga olahraga perairan,” katanya.

Kata Yeheskiel, pihaknya juga ikut aktif untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tersebut dengan menyiapkan bibit-bibit unggul dari Papua, khusus untuk olahraga perairan.
Dirinya juga mengungkapkan kegiatan itu melibatkan masyarakat lokal di wilayah setempat. Karena, pihaknya juga sejauh ini melakukan pembinaan-pembinaan di desa-desa pesisir.

“Jadi tujuan dari kegiatan ini, pertama saya ingin mencari bibit-bibit unggul. Khususnya olahraga perairan untuk masyarakat Papua,” imbuhnya.
“Kemudian kegiatan lomba itu juga sebagai bentuk persiapan untuk atlet-atlet Papua agar bisa merebut medali emas,” ungkap Yeheskiel menambahkan.

Karena itu, pihaknya sangat optimis melalui kegiatan olahraga perairan tersebut merupakan salah satu ajang untuk menjaring dan mencari bibit-bibit atlet terbaik untuk diikutsertakan dalam lomba atau event kejuaraan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Papua ini juga memiliki danau yang sangat luas, memiliki Laut Pasifik dan ini sangat unik. Sehingga ini dijadikan alat untuk dipakai untuk menggali dan mencari bibit-bibit atlet yang dimiliki oleh Papua,” bebernya.

Ada beberapa kategori yang diikutsertakan dalam perlombaan itu yang pertama lomba renang, lomba selam dan lomba dayung perahu tradisional. Di mana, dari lomba tersebut juga diikuti oleh masyarakat umum tidak saja dari kalangan anggota Polri maupun TNI.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw mewakili Bupati Jayapura dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi pihak Lantamal X Jayapura, yang sudah menyediakan waktu untuk melaksanakan kegiatan tersebut di Danau Sentani.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura, kami sangat mengapresiasi kehadiran pihak Lantamal yang sudah melaksanakan kegiatan lomba olahraga air ini di sini. Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini dapat menjaring bibit-bibit atau potensi-potensi muda dari Papua yang berasal dari kabupaten Jayapura,” tukasnya. (Irf/LINTASPAPUA.COM)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here