Pengurus IKT Kabupaten Jayapura Resmi Dilantik

0
188

Ketua IKT Provinsi Papua, Elias Paonganan saat melantik pengurus IKT Kabupaten Jayapura periode 2021-2026 di Gedung Santa Clara, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/1/2021). (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua Elias Paonganan, melantik pengurus Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Jayapura periode 2021-2026.

Dalam momen pelantikan pengurus dengan ketua terpilih IKT Kabupaten Jayapura yaitu Jhoni Lumbaa di Gedung Santa Clara, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/1/2021) sore.

Sebelumnya pemilihan ketua dan pengurus yang baru ini dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2021, sedangkan serah terima jabatan dari ketua dan pengurus lama kepada ketua dan pengurus yang baru itu dilaksanakan usai pelantikan pengurus IKT Kabupaten Jayapura periode 2021-2026.

Pelantikan pengurus IKT tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Ketua IKT Provinsi Papua Elias Paonganan, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw, Kapolres Jayapura Dr. AKBP Victor Dean Mackbon, perwakilan Ketua KKSS Kabupaten Jayapura, para ketua-ketua paguyuban Nusantara lainnya, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw dihadapan masyarakat Toraja yang menghadiri pelantikan pengurus IKT yang baru itu menyatakan, apresiasi kepada segenap masyarakat Toraja yang ada di Kabupaten Jayapura.
Karena itu, diminta kepada pengurus yang baru ini mengakomodir semua warga Toraja untuk dapat terus bersinergi dalam mendukung pembangunan di Bumi Khenambay Umbay ini.

Sementara itu, ditemui usai menghadiri acara pelantikan tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw berharap dengan adanya pengurus yang baru ini semangat kekeluargaan dan kebersamaan agar terus dipertahankan untuk sama-sama menjadi mitra pemerintah dan stakeholder lainnya membangun Kabupaten Jayapura.

“Kami dari pemerintah daerah Kabupaten Jayapura memberikan apresiasi kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan. Kami melihat kehadiran ormas IKT ini sangat memberikan dukungan terhadap pembangunan di Kabupaten Jayapura,” ujarnya ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai menghadiri pelantikan pengurus IKT Kabupaten Jayapura periode 2021-2026 di Gedung Santa Clara, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/1/2021).

“Oleh sebab itu, bagi kami IKT ini merupakan mitra kerja pemerintah daerah. Karena kami sendiri melihat, bahwa lewat kehadiran organisasi kemasyarakatan seperti IKT ini cukup membantu pemerintah daerah dan rata-rata masyarakat Toraja yang ada di Kabupaten Jayapura adalah orang-orang yang pekerja serta orang-orang yang ringan tangan,” tambah Timothius Demetouw.

Lanjut Timothius Demetouw mengatakan di manapun masyarakat Toraja berada, baik dalam tugas maupun pekerjaan entah sampai ke daerah terpencil, warga Toraja paling setia dan betah bertahan di tempat kerjanya, serta paling mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
“Kemudian di lihat dari data Kamtibmas di Kabupaten Jayapura itu tidak pernah ada percekcokan antara masyarakat Toraja (IKT) dengan paguyuban lain, bahkan dengan masyarakat asli Papua yang ada di Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

Untuk itu, Timothius Demetouw berharap kepada ketua dan pengurus yang baru dilantik dan segenap masyarakat Toraja di Kabupaten Jayapura agar terus dapat bersama-sama dengan Pemkab Jayapura untuk terus bersinergi dalam menjaga pertumbuhan sosial, politik, ekonomi, agama, serta selalu menjunjung tinggi kedamaian di atas Bumi Khenambay Umbay yang kita cintai ini.

“Kami mengharapkan kepada ketua dan pengurus yang baru itu dapat melanjutkan apa yang sudah di buat dan di lakukan oleh pengurus sebelumnya. Oleh karena itu, kami ucapkan selamat kepada ketua dan pengurus IKT Kabupaten Jayapura yang baru dilantik dan juga selamat melaksanakan tugas untuk bermitra dengan pemerintah daerah,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua IKT Provinsi Papua Elias Paonganan dalam sambutannya mengimbau kepada seluruh warga Toraja (IKT) agar senantiasa memegang teguh prinsip ‘Dimana bumi di pijak, di situ langit di junjung’.

“Ini menandakan bahwa dimanapun kita berada harus saling menghormati antara sesama suku. Dengan demikian, saya yakin kita semua akan terhindar dari benturan satu dengan yang lain. Maka itu, saya mengajak kepada saudara-saudaraku mari kita terus jalin persaudaraan,” imbuhnya.

Selain itu, Elias Paonganan juga mengajak, seluruh warga Toraja agar senantiasa menjaga kerukunan dan kekeluargaan antar etnis atau suku yang ada di Kabupaten Jayapura. Karena pada dasarnya, warga Toraja adalah orang Jayapura yang secara kebetulan berasal dari Toraja.
Untuk itu, katanya, tidak ada alasan bagi warga Toraja di Kabupaten Jayapura tidak ikut berkontribusi dalam membangun Kabupaten Jayapura sesuai visi dan misi Bupati Jayapura.


“Tentunya ini sejalan dengan motto kita Sang Toraya yang berbunyi, ‘Misa’ Kada dipotuo Panta Kada dipomate (Bersatu kita kuat, bercerai berai kita runtuh)’. Dengan demikian, saya yakin warga Toraja akan menjadi contoh paguyuban yang sopan dan santun serta bersahabat dengan suku lain yang merupakan satu kesatuan masyarakat dalam membangun Kabupaten Jayapura,” katanya.

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang besar, dirinya berharap IKT tidak akan terbawa ke jalur politik praktis, namun warga Toraja tetap mempunyai hak politik sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, kami berharap kepada pengurus yang baru ini akan terus menjalin komunikasi, melakukan silaturahmi dengan seluruh paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura, sehingga keharmonisan dan hubungan baik dengan etnis lain di Jayapura bisa terus terpelihara, tumbuh dan berkembang dengan baik,” harapnya.

Senada dengan hal it, Ketua IKT Kabupaten Jayapura terpilih dan baru dilantik Jhoni Lumbaa mengatakan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Kami dari pengurus IKT Kabupaten Jayapura siap mendukung dan mewujudkan persaudaraan serta bekerjasama dengan paguyuban lain. Selain itu, kami juga siap bersinergi dalam mendukung pembangunan sebagai mitra Pemkab Jayapura,” katanya.

Sebelum pelantikan pengurus IKT Kabupaten Jayapura dimulai, dimeriahkan dengan tarian Pagellu yang dibawakan oleh para pemuda-pemudi Toraja. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here