Dinas PUPR Kabupaten Jayapura Fokus Peningkatan dan Lanjutan Pembangunan Ruas Jalan

0
284
Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Alpius Toam. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) Untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jayapura pada tahun 2021 ini, tetap melakukan peningkatan ruas jalan dan melanjutkan pembangunan jalan maupun drainase pada setiap ruas jalan yang ada di wilayah perkotaan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, menjawab pertanyaan wartawan media online ini soal fokus Dinas PU Kabupaten Jayapura di tahun 2021 saat ditemui usai menghadiri Rapat Harmonisasi Draft Perda Kampung dan Distrik, yang berlangsung di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (30/1/2021) siang.

Lanjut Alpius Toam menyampaikan, saat ini pihaknya selain peningkatan ruas jalan, juga melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan dan drainase di Kota Sentani. Alasannya, ada beberapa ruas jalan di wilayah perkotaan ini merupakan pendukung daripada pelaksanaan PON XX Tahun 2021 nanti.

“Fokus kegiatan dan program di PUPR untuk tahun 2021, selain peningkatan ruas jalan. Tapi, juga memprioritaskan pembangunan. Memang kita fokus di sekitar kota, karena ada beberapa ruas jalan yang nanti akan menjadi pendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2021,” katanya, Sabtu (30/1/2021).

Pembangunan ruas jalan dan drainase yang menjadi fokus Dinas PUPR yakni jalan dan drainase Pasar Lama Sentani, Jalan dari Dobonsolo ke Kehiran dan Jalan dari Toware ke Patouw, yang dibangun sebagai akses tahun 2021 ini.

“Lalu yang berikut ada lanjutan pembangunan jalan dari Dormena ke Yongsu Spari. Hal itu juga harus kita lanjutkan tahun ini,” imbuhnya.
Fokus lain yang juga menjadi prioritas Dinas PUPR tahun 2021, akan membangun fasilitas fisik untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi.

“Kemudian juga air bersih dan sanitasi, itu tetap akan kita kerjakan. Fasilitas fisik air bersih di Distrik Kemtuk Gresi, tapi juga ada di Wilayah Pembangunan IV tepatnya di Distrik Yapsi. Hal itu juga menjadi fokus kita untuk membangun fasilitas fisik air bersih. Sedangkan untuk sanitasi, untuk sementara kita fokuskan di sekitar area pendukung Kota Sentani yakni di Kampung Ifar Besar, karena paketnya yang ada di kami itu hanya 150 unit,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura tersebut.

Ia mengakui fasilitas air bersih yang akan dibangun di Kampung Ifar Besar, karena akan dikembangkan sebagai fokus pariwisata. “Sehingga kita akan bantu dengan beberapa unit sanitasi. Kemudian di Sentani Kota, termasuk juga program Kotaku dari Kementerian PUPR melalui Bappeda itu juga tetap akan kita kerjakan,” kata Alpius Toam.

Dijelaskannya, memang tidak banyak ruas jalan yang dikerjakan tahun 2021, karena dalam estimasi postur anggaran Dinas PUPR sangat kecil untuk membangun kebutuhan-kebutuhan terutama infrastruktur pendukung.

“Jadi dana sekitar 34 miliar itu kita fokus untuk yang utama saja. Dukungan yang lebih besar kan hanya dari APBN melalui DAK (Dana Alokasi Khusus). Sehingga kita lihat mana-mana yang fokus prioritas, yang sekiranya bisa memberi dukungan terhadap pelaksanaan PON 2021. Tapi, juga untuk pengembangan pembangunan berkelanjutan seperti Dormena ke Yongsu Spari itu akan tetap dilanjutkan hingga ke Pasir VI,” tukasnya. (Irf)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here