Tokoh Masyarakat Adat Wilayah Pesisir Tanah Merah Dukung Billy Suwae Maju Calon Bupati Jayapura

0
781

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sejumlah tokoh masyarakat adat di wilayah pesisir Tanah Merah bersepakat mendukung Billy Yan Tonny Zacheus Suwae, maju menjadi calon Bupati Kabupaten Jayapura periode 2022 -2026.

Sebagaimana disampaikan dalam keterangan yang direlease pada Sabtu, 23 Januari 2021, karena berbagai penilaian dan kecakapan yang dapat dikerjakan dalam membawa kepentingan masyarakat di Bumi Kenambay Umbay.

“Kami yang bertanda tangan dibawah ini dari dewat adat suku pesisir Tanah Merah Kabupaten Jayapura, setelah melalui beberapa pertimbangan logism yakni ingin melanjutkan buah karya pembangunan yang telah dirintis oleh almarhum Dr. Habel Melkias Suwae, S.Sos, MM., selaku mantan bupati Jayapura periode 2001 – 2011,” ujar Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Jouw Wary, Daud Yawkware, yang dibenarkan Ketua DAS Yewena Yonsu, Johanes Jon Mentanaway, di Sentani, Sabtu, 23 Januari 2021.

Adapun sejumlah tokokh masyarakat adat yang mendukung adalah Ketua Dewan Adat Suku Yokari, Josias Klorway., Sekretaris DAS Tepera, Yulis Oyaitou., Sekretaris DAS Yewena, Efradus Nusa., Sekretaris DAK TABI, Mesak TH. Apaseray.

Sekretaris DAS Youway, Frans Tunya., Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Jouw Wary, Daud Yawkware, yang dibenarkan Ketua DAS Yewena Yonsu, Johanes Jon Mentanaway, serta Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Tepera, David E. Danya.

“Pembangunan yang telah dirintis oleh almarhum Dr. Habel Melkias Suwae, harus dilanjutkan guna membawa visi, misi dan program yang telah dikerjakan sebelumnya yang telag berhasil dan menyentuh memberdayakan masyarakat adat,” ujar Daud Yawkware.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Suku Yokari, Josias Klorway membenarkan pihaknya menyatakan dukungan karena melihat potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh Billy Yan Tonny Zacheas Suwae, maju menjadi calon Bupati Kabupaten Jayapura pada periode 2022/2024.

“Sesungguhnya pernyataan dukungan ini murni dari penilaian kami dan tidak ada paksaan dari unsur manapun, karena itulah penilaiain kami melihat kemampuan yang dimiliki untuk menjadi pemimpin atau maju bapati Jayapura,” jelas Josias Klorway.

Saat ini Billy Suwae dipercayakan memimpin Partai Perindo Kabupaten Jayapura. (Foto Pribadi)

Sebagaimana diketahui Billy Suwae adalah Putra Keempat dari Almarhum Habel Melkias Suwae yang merupakan pencetus dan penggagas program pemberdayaan masyarakat dan telah terbukti membangun masyarakat selama kepemimpinan tersebut.

Saat ini Billy Suwae dipercayakan memimpin Partai Perindo Kabupaten Jayapura, sehingga dengan bekal kemampuan dan intelektual yang dimiliki menjadi penilaian positif untuk maju calon Bupati Jayapura, Selain Pernah menjadi pegawai Bank Papua karyawan sejak 2008 hingga tahun 2012 serta pengalaman pendidikan Bisnis di Selandia Baru.

“Setelah pertemuan hari ini, kami juga akan membuat prosesi adat bersama tokoh – tokoh adat lainnya di pesisir wilayah Tanah Merah untuk mendukung anak, cucu, adik kami Billy Suwae untuk maju menjadi calon bupati kabupeten jayapura periode 2022-2026,” tambah Johanes Jon Mentanaway mengakhiri keterangan dalam release media tersebut. (Zacha/LintasPapua.Com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here