Prihatin Gempa di Sulawesi Barat, BPD KKSS Kabupaten Jayapura Gelar Aksi Galang Dana

0
115

Nampak pengguna kendaraan saat memberikan donasinya kepada relawan dari KKSS Kabupaten Jayapura saat melakukan penggalangan dana di pertigaan lampu merah Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/1/2021). (Irfan/LPC)

 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Bencana gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat mengundang keprihatinan dari banyak pihak. Termasuk Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura yang melakukan aksi penggalangan dana di jalan.

Penggalangan dana ini dilakukan di pertigaan lampu merah (traffic light) Bandara Sentani dan lampu merah Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/1/2021) pagi dengan melibatkan sejumlah pengurus dan anggota KKSS dan IWSS Kabupaten Jayapura.

Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura yang melakukan aksi penggalangan dana di jalan. (Irfan/LPC)

Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE, melalui Ketua Bidang Sosial dan Tanggap Bencana BPD KKSS Kabupaten Jayapura Firman mengatakan, aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap para korban gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari lalu.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami dari masyarakat Sulawesi Selatan yang ada di Kabupaten Jayapura kepada saudara kita yang terkena bencana gempa bumi di Majene dan Mamuju. Maka kami yang ada di bidang sosial dan tanggap bencana berinisiatif melaksanakan penggalangan dana di jalan. Dan, Alhamdulillah kami juga didukung oleh warga Sulawesi Selatan yang tergabung dalam pengurus KKSS Kabupaten Jayapura,” kata pria yang juga Koordinator Lapangan Aksi Penggalangan Dana, Minggu (17/1/2021) siang.
Lebih lanjut Firman menjelaskan, penggalangan dana yang dilakukan pihaknya mulai hari Minggu (17/1) ini pukul 10.15 WIT hingga pukul 12.00 WIT.

“Kemudian kami akan lanjutkan lagi siang hari pukul 13.00 WIT hingga sore pukul 17.00 WIT. Insha Allah penggalangan dana tersebut akan kami lanjutkan hingga esok hari karena mengingat ini hari libur banyak saudara kita yang melaksanakan liburan bersama keluarganya, sehingga belum sempat berdonasi,” jelasnya.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas sumbangan dan bantuan teman-teman semua. Semoga sumbangan ini memberikan manfaat yang berarti buat saudara kita yang terkena bencana gempa di Majene dan Mamuju,” ucap Firman menambahkan.

Lebih lanjut Firman kembali menerangkan, bantuan yang digalang pihaknya berbentuk uang untuk disalurkan kepada korban gempa bumi yang berada di beberapa titik lokasi pengungsian melalui perwakilan yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Alhamdulillah di hari pertama pagi ini kita sudah mampu mengumpulkan donasi sekitar Rp 11.514.000 dan aksi ini terus akan kita lakukan. Dari jadwal yang di rencanakan untuk aksi galang dana tersebut, kita ingin lakukan selama tiga hari. Tapi, kalau memang hasilnya sudah maksimal, ya kita laksanakan dua hari saja,” terangnya.

Bukan hanya dalam bentuk donasi uang, pihaknya juga membuka posko peduli Majene dan Mamuju Sulawesi Barat tepatnya di samping RM Bubur Ayam Mandala, yang berfungsi sebagai sekretariat untuk warga yang membutuhkan informasi terkini pasca terjadinya gempa bumi di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat dan tempat berkumpulnya para relawan dari BPD KKSS Kabupaten Jayapura.

“Kemudian ada yang ingin menyalurkan bantuan langsung ke posko BPD KKSS Kabupaten Jayapura peduli kemanusian Gempa Bumi Majene dan Mamuju Sulawesi Barat,” imbuhnya.
Bukan kali ini saja, aksi sosial yang dilakukan BPD KKSS Kabupaten Jayapura itu pernah dilakukan untuk membantu korban bencana alam banjir bandang yang terjadi di Masamba beberapa tahun lalu.

Aksi ini penggalangan dana ini uga juga dihadiri Ketua IWSS Kabupaten Jayapura Indira Kasim dan sejumlah pengurus IWSS Kabupaten Jayapura.

Aksi tersebut dipantau langsung oleh Gempa Syahcandra selaku Penasehat BPD KKSS Kabupaten Jayapura. Menurutnya, aksi sosial ini merupakan wujud rasa kepedulian kepada para sesama anak bangsa yang tertimpa musibah gempa bumi.

“Kami kemarin adakan rapat untuk melakukan aksi turun ke jalan guna menerima sumbangan atau donasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura khususnya di Kota Sentani. Supaya kita sama-sama berpartisipasi membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah gempa di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat,” ucapnya.
“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini, walaupun tidak seberapa yang kita dapat. Tapi, bisa membantu dan meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Sulawesi Barat. Ini merupakan suatu hal yang positif dan patut diapresiasi,” tukas pria yang juga Ketua Yayasan Bhakti Semuwa Nusantara. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here