Menjadi Kuat, Tetap Gigih Dalam Tuhan

0
97

Jumat 15 Januari 2021

Bacaan Setahun:
Kej. 20-21
Luk. 14

TETAP GIGIH!
“Pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.” Yosua 14:11

Saya sangat suka membaca biografi mengenai kisah hidup tokoh-tokoh penting dalam Ssejarah manusia, dan salah satu tokoh yang menarik adalah Thomas Alfa Edison.

Pada tanggal 4 November 1879 Edison mempatenkan penemuannya berupa lampu listrik yang menggunakan seutas karbon atau lempeng karbon yang dipelintir dan dihubungkan dengan kawat platina. Sejak saat itu kita mengenal lampu listrik sebagai sumber penerangan pengganti lampu minyak dan lilin.

Tapi keberhasilan Edison tersebut harus memakan waktu yang tidak pendek dan usaha yang tidak mudah. Ada banyak artikel yang menuliskan bahwa Edison melakukan percobaan setidaknya sebanyak 999 kali yang kesemuanya gagal. Pada percobaan ke-1000 barulah Edison berhasil. Seandainya Edison cepat patah semangat dan tidak gigih untuk mencoba, pasti hari ini kita tidak akan menikmati terangnya lampu listrik.

Alkitab pun mencatat mengenai kisah seorang pahlawan yang menunggu selama 45 tahun untuk dapat memperoleh tanah yang dahulu ia intai. Ia adalah Kaleb, pemimpin suku Yehuda yang bersama-sama dengan Yosua termasuk sebagai pasukan pengintai kiriman Musa. Dalam Bilangan 13 diceritakan bahwa hanya Kaleb dan Yosua saja yang memberikan laporan yang berbeda dari 10 orang pengintai lainnya, sehingga akhirnya Tuhan memberikan kesempatan hanya kepada Kaleb dan Yosua saja yang dapat menikmati tanah yang mereka intai tersebut.

Setelah 45 tahun menunggu, Kaleb tentu sudah tidak muda lagi, namun di umur yang sudah mencapai 85 tahun tersebut Kaleb masih memiliki suatu kegigihan bahwa ia akan memperoleh tanah yang ia intai 45 tahun yang lalu, yang kemudian dikenal sebagai kota Hebron.

Sama seperti Edison yang tetap mencoba meskipun mengalami kegagalan, Kaleb menanggap dirinya masih kuat sebagaimana 45 tahun yang lalu saat ia disuruh Musa mengintai tanah Kanaan. Semangat inilah yang mendorong seorang kakek berusia 85 tahun berhasil mengalahkan dan mengusir penduduk tanah Kanaan yang termasuk sebagai keturunan raksasa dan menjadikan tanah itu sebagai tanah kepunyaannya sendiri.

Memasuki tahun yang baru, pasti ada dari kita yang dibayangi oleh target yang belum berhasil dicapai di tahun lalu. Entah di pekerjaan, pendidikan, pelayanan ataupun dalam masalah keluarga. Namun semua itu jangan sampai membuat kita kehilangan kegigihan dalam berusaha. Kalau masih gagal, tetap semangat dan bangkit lagi. Kalau belum terwujud, jangan cepat menyerah. Tunjukkanlah kegigihan Anda, meskipun harus diuji oleh waktu dan keadaan. (YMH)

Questions :
1. Mengapa Kaleb dinilai sebagai seorang yang gigih?
2. Apa tantangan yang sekarang Anda hadapi yang membutuhkan suatu kegigihan?

Values :
Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang berkarakter gigih dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan.

“Genius is one percent inspiration dan ninty nine percent perspiration.” (Thomas Alfa Edison). (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here