Di Kabupaten Jayapura, 200 Personel Gabungan Amankan Operasi Lilin dengan Prokes

0
213
Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Sebanyak 200 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan libur Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 1 Januari 2021 dengan sandi Operasi Lilin Matoa 2020 Polres Jayapura, Senin (21/12/2020).

Hal ini dilakukan Polres Jayapura dan jajaran dengan instansi terkait untuk menciptakan kondusifitas keamanan dalam perayaan hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah maraknya pandemi Covid-19.
Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, menyampaikan agar tetap sama-sama menjaga Kamtibmas, meningkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas pengamanan serta melaksanakan tugas dengan baik dan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Sehingga masyarakat dapat melaksanakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” kata AKBP Victor Mackbon, kemarin.

Kapolres Jayapura merinci 200 personel gabungan tersebut terdiri atas Polri, TNI dan juga Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Perhubungan serta ORARI. Operasi terpusat dengan nama operasai sandi Operasi Matoa Lilin 2020 Polres Jayapura dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Operasi ini akan berlangsung selama 13 hari sampai nanti lewat di minggu-minggu awal bulan Januari tahun 2021. Personil yang kita libatkan kurang lebih 200 orang yang terdiri dari TNI/ Polri, kemudian pemerintah daerah seperti Dishub dan juga ORARI,” sambungnya.
Kapolres Jayapura juga menyampaikan, kegiatan Operasi Lilin Matoa 2020 Polres Jayapura sebagai upaya tindakan pencegahan maupun penegakan hukum, terutama dalam menghindari kerumunan yang menjadi tugas utama pihak keamanan.

“Untuk objek kegiatan yaitu, di gereja, tempat-tempat ibadah serta sektor-sektor yang menjadi pusat wisata yang menjadi daerah pantauan kita juga,” ujarnya.

Pihak Kepolisian juga, kata AKBP Victor Mackbon, pihaknya akan membatasai kerumunan warga yang akan memanfaatkan hari libur nanti, khususnya di tempat-tempat wisata.

“Sesuai dengan surat edaran Bupati Jayapura untuk tidak menciptakan kembali kerumunan tentunya pihak kepolisian akan sangat tegas,” pungkas mantan Kapolres Mimika ini. (Irf)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here