Sambut Tahun Baru 2021 : Manusia Punya Rencana, Tetapi Hanya Keputusan Tuhan Yang Terlaksana

0
462

Kamis 31 Desember 2020

Bacaan Setahun:
Zef. 1-3
Mzm. 147

RENUNGAN DI PENGHUJUNG TAHUN
“Manusia mempunyai banyak rencana, tetapi hanya keputusan Tuhan yang terlaksana.” Amsal 19:21 BIMK

Di bulan Desember ini selain dimeriahkan oleh perayaan Natal, kita semua juga akan menapaki akhir dari tahun 2020 dan bersiap untuk memasuki awal tahun 2021. Beberapa kawan saya umumnya akan menghabiskan waktu di akhir tahun untuk merayakan malam pergantian tahun bersama-sama dengan orang-orang terkasih mereka.

Ada juga yang merayakannya dengan cara menghadiri ibadah pergantian tahun. Saya yakin Anda pun juga memiliki kegiatan perayaan tersendiri di malam pergantian tahun nanti. Namun apapun kegiatan Anda, kita semua sama-sama akan menghadapi dua pertanyaan yang sama, pertama: apa yang telah kita capai atau lakukan sepanjang tahun 2020? Kedua, apa yang ingin kita capai atau lakukan di tahun 2021?


Untuk menjawab pertanyaan pertama maka kita harus kembali melihat dan mengevaluasi rencana-rencana yang sudah kita agendakan sepanjang tahun 2020, yaitu apakah kita sudah berhasil melaksanakan rencana-rencana tersebut dan apakah hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan? Jika tidak berhasil dilaksanakan atau hasilnya tidak sesuai harapan, maka kita perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya?

Bagaimana pula tindak lanjutnya, yaitu apakah masih akan tetap dilakukan di tahun depan atau harus diganti dengan rencana lainnya? Sedangkan pertanyaan kedua dapat kita jawab setelah kita berhasil mengevaluasi jawaban dari pertanyaan pertama, yang dipadankan dengan visi atau tujuan khusus serta talenta yang Tuhan taruh dalam hidup kita.

Pada kenyataannya saya masih banyak menemukan orang-orang yang justru menganggap evaluasi dan perencanaan di akhir tahun sebagai sesuatu yang tidak penting, bahkan sama sekali tidak membuat perencanaan apapun untuk tahun berikutnya.

Mereka menganggap hidup seperti aliran air, tinggal mengikuti apa kehendak Tuhan saja, atau menganggap evaluasi dan perencanaan adalah sia-sia karena ketidakpastian di masa depan.

Banyak yang memaknai Amsal 19:21 sebagai alasan untuk tidak perlu membuat perencanaan sebab toh ujung-ujungnya keputusan Tuhan yang akan terlaksana, padahal Amsal 19:21 justru mengajarkan kita tentang pentingnya perencanaan. Dr. Myles Munroe menegaskan bagaimana mungkin keputusan Tuhan akan terlaksana jika kita tidak pernah merencanakannya dalam hidup kita.

Apapun visi dan talenta yang Tuhan percayakan kepada Anda saat ini, tidak pernah ada satupun yang muncul dalam hidup Anda secara kebetulan.

Tuhan menaruhnya secara khusus dan spesifik bagi masing-masing dari kita. Kita perlu membuat evaluasi dan rencana agar visi dan talenta yang Tuhan sudah percayakan kepada kita tersebut dapat kita laksanakan dan menghasilkan hasil yang terbaik.

Sehubungan dengan visi dan talenta yang Tuhan percayakan kepada kita, maka di penghujung tahun ini kita harus merenungkan: apakah di tahun 2020 kita sudah berhasil mencapai visi yang Tuhan taruh dalam diri kita dan mengembangkan semua talenta kita? Dan apakah yang harus kita lakukan di tahun 2021 untuk itu? (YMH)

Questions :
1. Mengapa kita harus membuat evaluasi dan perencanaan di akhir tahun ini?
2. Jika sudah, hal-hal apa saja yang Anda peroleh dari evaluasi dan perencanaan di akhir tahun ini?

Values :
Dengan melakukan evaluasi dan perencanaan yang baik, kita memberikan kesempatan yang luas bagi terwujudnya kehendak Tuhan atas kita.

“Wheter you succeed or fail in life depends on the plan you have or don’t have.” Dr. Myles Munroe.

“Manusia mempunyai banyak rencana, tetapi hanya keputusan Tuhan yang terlaksana.” Amsal 19:21.

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”
__ Yosua 1.9

Memang realitanya kita masih dalam masa pandemi, dan entah kapan berakhir; akan tetapi mari kita menjaga hati kita supaya tidak tawar maupun pahit karena ketakutan dan kekuatiran kita. Tuhan Allah yang kita sembah selalu menyertai kita kemanapun kita pergi.

Tuhan yang sama akan menyertai kita melangkah masuk ke tahun 2021 dengan iman dan pengharapan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here