Damai Natal Bersama Kita : Pergilah ke Seluruh Dunia, Beritakanlah Injil Kepada Segala Nakhluk

0
533

🇰 🇮 🇳 🇬 ‘🇸 🇸 🇼 🇴 🇷 🇩
Sabtu 26 Desember 2020

Bacaan Setahun:
Yes. 49-52
Why. 17

“Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke Seluruh Dunia, Beritakanlah Injil Kepada Segala Nakhluk.”Markus 16:15

Suatu hari saya mendengarkan ‘kesaksian’ dari seorang ibu-ibu di sebuah radio saat sedang mengendarai mobil, ibu ini mengaku jika akhirnya memeluk agama barunya karena ada sebuah dorongan yang kuat di mana dia harus meninggalkan agama lamanya.

Tidak dijelaskan agama ‘lama’nya apa, namun kurang lebihnya dia berucap jika dahulu sering tidak mendapatkan pembimbingan yang mumpuni bagaimana dia harus bersikap dan ber’ritual’ sesuai agama lamanya.

Singkatnya, justru dia mulai mendalami agama barunya saat sedang menemani cucunya menonton serial kartun animasi “Upin dan Ipin”, yang mana di hampir setiap hari diputar di salah satu stasiun televisi swasta. Uniknya, dalam pengakuannya itu, dia tertarik mendalami agama barunya setelah mendapatkan ‘tuntunan’ cara membaca ayat-ayat kitab suci dari si ‘Upin dan Ipin’.

Bagi saya, tadinya saya berpikir bahwa ‘kesaksian’nya cenderung dibuat-buat. Namun, setelah dipikir-pikir, mungkin saja hal itu benar adanya. Maksudnya ketika dia merindukan pengenalan akan Sang Khalik, dia kebingungan sebab tidak ada teman atau kerabat, apalagi tokoh agamanya yang menjangkaunya. Bak gayung bersambut, melalui tayangan Upin dan Ipin justru dia ‘menemukan’ jalan barunya, sehingga akhirnya dia memberanikan diri untuk menemui tokoh agama barunya tersebut atas saran orang yang dia temui di pasar.

Bagi kita orang percaya akan berkata, “sayang sekali dia menemukan jalan yang tidak sapatutnya” alias bukan jalan menuju sorga melalui Yesus Kristus. Tetapi, inilah kegagalan kita sebagai duta Kerajaan-Nya di bumi. Kita mungkin terlalu sibuk dengan jadwal-jadwal ‘rohani’ kita sehingga melupakan fungsi atau tujuan utama kita untuk memberitakan Kabar Baik dari Kristus.

Seharusnya apapun keberadaan kita, menjadi siapa kita di dunia ini, tidak boleh lalai terhadap tugas panggilan kita, bahwa Yesus Kristus Sang Penyelamat harus diberitakan. Salah satu kegiatan (misi) yang dilakukan oleh tim Renungan King’s Sword adalah membagikan ke beberapa tempat (umum) buku cetak Renungan ini dengan harapan banyak orang di luar sana bisa terjangkau Kabar Baik tersebut. Ini adalah salah satu cara yang bisa dikerjakan, paling tidak kita bisa mengupayakan dari berbagai pintu supaya berita tentang Dia disampaikan. Begitu juga dengan Anda dan saya, seharusnya bisa melakukan hal yang sama, sebab hidup kita hari ini adalah kasih karunia-Nya. Melalui kita, Dia harus diberitakan.

Kabarkanlah berita sukacita itu, bahwa keselamatan untuk umat manusia sudah disediakan oleh Tuhan Yesus Kristus bagi mereka yang percaya. Anda bersedia? (HB)

Questions :
1. Apakah Anda sudah yakin keselamatan-Nya ada pada diri Anda? Lalu tanggung jawab apa yang akan Anda lakukan?
2. Beranikah Anda mengabarkan Kabar Sukacita itu kepada sekitar Anda?

Values :
Yang kita beritakan bukan soal agama baru, melainkan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat umat manusia berdosa.

Kehidupan Anda saat ini adalah kesempatan dari-Nya untuk memberitakan siapa diri-Nya kepada orang-orang yang belum mengenal-Nya.
“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”
__ Yohanes 3.16

Kelahiran Yesus merupakan kabar baik untuk semua orang. Dari manapun kita berasal, kelahiran Yesus membawa kasih dan kedamaian dalam kehidupan kita.

Semua orang yang mendapatkan hidup baru di dalam Kristus, “dari setiap suku dan bahasa dan orang dan bangsa” suatu hari akan merayakan kemuliaan Tuhan untuk selama-lamanya.

Kiranya kasih dan kedamaian Allah memenuhi kehidupan kita dalam memasuki tahun yang baru. (***)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here