Jelang Natal, Komunitas Balik Kampung Lakukan Aksi Sosial Bersihkan Gereja di Kensio

0
240

Nampak para anggota Komunitas Balik Kampung melakukan aksi sosial membersihkan gedung Gereja GKI Betlehem Jemaat Kensio, di Kampung Kensio, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (11/12/2020). (iRFAN /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka menyambut Natal, Komunitas Balik Kampung melakukan sentuhan kasih lewat aksi sosial dengan membersihkan dan pengecatan gedung Gereja GKI Betlehem Jemaat Kensio yang berlokasi, di Kampung Kensio, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (11/12/2020).

Aksi sosial yang dilakukan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komunitas Balik Kampung, Alfons Awoitauw, S.IP.

Alfons Awoitauw mengatakan, apa yang di lakukan oleh anggota Komunitas Balik Kampung ini karena memiliki nilai lebih untuk menyalurkan sesuatu kepada masyarakat, organisasi yang memang sulit untuk berinteraksi dengan orang lain di luar dari lembaga formal.

“Seperti kita, ada wartawan, dari Ikatan Motor Indonesia dan PNS inikan orang-orang yang sebenarnya punya potensi. Tetapi siapa yang menghubungkan itu, sehingga dari diskusi-diskusi timbullah pikiran itu,” ujar pria yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Jumat (11/12/2020).

Menurut Alfons, gerakan Komunitas Balik Kampung yang di lakukan di Kampung Kensio merupakan gerakan moral atau sosial dengan kata kunci bagaimana komunitas menyempatkan waktu untuk bersosialisasi dan berbagai dengan sesama. “Intinya adalah bagian yang dikerjakan oleh komunitas balik kampung adalah sentuhan kasih lewat aksi-aksi soial,” tuturnya.

Aksi sosial tersebut, tegas Alfons Awoitauw tidak terfokus pada satu komuntias agama saja melainkan akan menyentuh komunitas agama lain atau lintas agama atau budaya, lintas profesi dan terbuka untuk semua sektor.

“Siapapun boleh bergabung memberikan sumbangsih, bukan saja kepada keagamaan. Tapi, ada hal-hal lain yang akan kita lakukan. Misalnya, menyediakan MCK apa saja yang bisa kita lakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Evarista Dinhar Binhugraheni selaku Pelayan Jemaat di Jemaat GKI Betlehem Kensio mengapresiasi kegiatan positif yang di lakukan oleh Komunitas Balik Kampung dengan kunjungan ke Gereja GKI Betlehem Jemaat Kensio, karena lewat kegiatan ini ada sukacita yang boleh ada di kampung tersebut, sangat bermafaat menjadi penyemangat bagi pemuda di Kampung Kensio. Bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif.

“Sekarang ini kan secara fisik, pemberdayaan anak muda inikan sedang mencari jati diri atau kapasitas building bagi diri mereka,“ tuturnya.
Evarita menambahkan apa yang di lakukan oleh Komunitas Balik Kampung sangat membantu dalam proses pembangunan gedung Gereja Betlehem Kensio, karena sebelumnya warga jemaat berniat akan merenovasi keseluruhan gedung gereja dengan membangun baru. (Irf)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here