Disbunak Gelar Operasi Pasar khusus Telur

0
242
Telur yang merupakan salah satu bahan pokok yang paling diburu warga jelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Stok bahan pokok tersebut diharapkan bisa terjaga jelang Natal 25 Desember.. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dinas perkebunan dan peternakan Kabupaten Jayapura menggelar operasi pasar khusus komoditi telur ayam di Sentani Kabupaten Jayapura, Sabtu (18/4/2020).

Hal ini dilakukan oleh dinas tersebut untuk mengatasi melonjaknya harga telur yang dijual di masyarakat saat ini.

“Ini untuk mengantisipasi melonjaknya harga telur yang saat ini dijual di atas harga Rp75.000 untuk satu rak,” kata Kepala Dinas perkebunan dan peternakan Kabupaten Jayapura, Dody Samyana kepada wartawan di Sentani, Sabtu (18/4/2020).

Dia mengatakan untuk tahap pertama ini, operasi pasar telur disiapkan sebanyak 164 rak dengan harga rp65.000 per rak. Sesuai rencana kegiatan seperti itu akan rutin digelar setiap minggu. Kata dia, telur-telur yang dipasarkan dalam kegiatan operasi pasar telur itu dikumpulkan dari setiap pengusaha peternak ayam petelur lokal yang ada di Kabupaten Jayapura.
“Semuanya habis dibeli warga, karena harganya lebih murah dibanding yang dijual di pasaran saat ini,” katanya.

Ke depan menjelang hari raya Lebaran nanti pihaknya juga akan menggelar operasi pasar murah khusus daging. Namun untuk saat ini lebih fokus pada operasi pasar telur.

Dia mengatakan, naiknya harga telur di pasaran saat ini tidak terlepas dari ketersediaan stok yang sangat terbatas. Dia mengakui beberapa waktu lalu Kabupaten Jayapura juga mendapat pasokan telur dari Surabaya. Namun stock tersebut tidak bisa bertahan lama karena jumlahnya masih sangat terbatas.

“Itukan jumlahnya terbatas, hanya dapat memenuhi kebutuhan untuk satu sampai dua minggu saja,” tambahnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here